Manfaat Jahe untuk Atasi Penyakit Parah

Jakarta, relawan.id – Jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat, khasiatnya pun banyak seperti masuk angin, meredakan flu, meningkatkan stamina tubuh.

Selain itu, ada beberapa manfaat jahe lainnya, seperti dikutip dari laman Your Tango, Rabu (2/9/2020), yaitu:

1. Membantu meredakan sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan kronis

Orang yang menderita sindrom iritasi usus besar akan merasa lega jika mengetahui bahwa jahe dapat membantu meredakan beberapa gejala kondisi ini, termasuk mual dan menenangkan radang perut.

Jahe juga dipercaya bisa mempercepat pengosongan lambung, yang bisa mengobati mereka yang mengalami gangguan pencernaan. Sebuah penelitian menemukan bahwa pasien yang makan bubuk jahe sebelum makan meningkatkan pengosongan perut hingga 50 persen.

2. Jahe adalah pereda nyeri alami

Jahe dapat membantu meredakan banyak nyeri tubuh. Sifat anti-peradangannya membantu menenangkan sendi yang kaku, otot yang sakit, dan bahkan dapat menenangkan gejala radang sendi dan osteoartritis. Faktanya, dalam satu penelitian menemukan bahwa pasien dengan osteoartritis di lutut, yang mengonsumsi ekstrak jahe, mengalami lebih sedikit rasa sakitnya.

Orang-orang bahkan dapat mengoleskan jahe yang dihancurkan, dan sedikit air hangat ke dahi mereka untuk membantu menghilangkan sakit kepala yang menyakitkan.

3. Melindungi dari penyakit Alzheimer

Mereka yang berisiko terkena penyakit Alzheimer harus berpikir untuk menambahkan lebih banyak jahe ke dalam makanan mereka.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa jahe mencegah hilangnya sel otak yang biasanya merupakan pendahulu dari kondisi ini. Oleh karenanya, ini bisa memelihara dan melindungi sel-sel otak.

Studi lain juga mengaitkan, ekstrak jahe dengan peningkatan memori dan waktu reaksi yang lebih baik.