MRI Kalsel Bantu Evakuasi Korban Banjir di Tanahbumbu

Kalsel, relawan.id – Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Tanahbumbu sejak kemarin hingga Kamis (3/9/2020) pagi, akibatnya sejumlah titik alami banjir di wilayah Kecamatam Satui. Sejumlah warga pun mulai mengungsi.

Dalam beberapa hari ini, intensitas hujan memang sangat tinggi. Hal itu menyebabkan naiknya debit air di Sungai Satui. Sejumlah desa yang berada tak jauh dari bantaran sungai, seperti Desa Sinar Bulan, Desa Sungai Danau, Desa Sejahtera Mulia Desa, dan Desa Jombang, pun terkena dampaknya.

Oleh karena itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalsel  dan BPBD membantu warga terdampak dengan mengevakuasi warga  ke tempat yang lebih aman.

“Saat ini ada 19 kepala keluarga (KK) dan 76 jiwa, termasuk 3 balita yang mengungsi di lokasi penampungan di SMPN 4, Desa Sinar Bulan. Dan 3 KK di penampungan Majlis Ta’lim Sungai Danau, ” ujar relawan MRI Irfan Satria, Kamis (3/9).

Tak hanya itu, akibat banjir, ada 120 KK di Desa Sinar Bulan, 917 KK di Desa Sungai Danau dan 238 KK di Desa Sejahtera Mulia yang rumahnya terendam banjir.

Selain itu, untuk membantu warga terdampak banjir, MRI dan ACT sudah mendirikan dapur umum di Kantor Desa Sejahtera Mulia dan Desa Sungai Danau. 

“Saat ini yang diperlukan oleh warga yaitu perahu karet untuk evakuasi dan distribusi makanan. Dan untuk jumlah korban masih belum ada,” tuturnya.