Relawan MRI Bantu Prosesi Pemakaman Pengungsi Rohingya

Aceh, relawan.id – Seorang imigran etnis Rohingya meninggal dunia di tempat penampungan sementara di Balai Latihan Kerja (BLK), Desa Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (8/9/2020) malam.

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) turut membantu dalam proses pemakaman, penjemputan jenazah Rohingya yang meninggal dunia. Penjemputan jenazah di Rumah Sakit Cut Meutia ke lokasi pemakaman di Desa Kutablang, Lhokseumawe.

“Relawan dibagi menjadi dua, yang pertama ditugaskan untuk mengurus prosesi pemakaman, dan tim yang kedua menetap di camp Rohingya untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan terhadap 294 pengungsi Rohingya lainnya. Sebagian besar mengalami keluhan seperti gatal-gatal, rasa mual dan muntah,” ujar relawan MRI Lhokseumawe, Rozy, Kamis (10/9/2020).

Selain itu, tim medis MRI-ACT menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan pengungsi Rohingya dan melakukan kolaborasi pelayanan kesehatan dengan Puskesmas Kandang dan Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini dalam penanggulangan pengungsi Rohingya berjalan dengan lancar, selain kegiatan psikososial keagamaan dan pelayanan kesehatan, relawan  lainnya bersama satgas penanggulangan pengungsi Rohingya ikut berkontribusi dalam melakukan kegiatan seperti membagikan perlengkapan mandi, sandal dan lainnya  kepada pengungsi Rohingya baru,” jelasnya.

“Semua kegiatan yang dilakukan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Berharap semua relawan masih mempunyai semangat dalam aksi aksi kemanusiaan berikutnya,” tambahnya.