Ini Jenis Olahraga untuk Hilangkan Stres

Jakarta, relawan.id – Besarnya masalah sehari-hari yang kita alami bisa membuat munculnya kondisi stres dalam diri kita. Hal ini semakin rentan terutama di masa pandemi yang serba tak menentu saat ini.

Kondisi stres yang kamu alami ini bisa menyebabkan berbagai masalah yang kamu alami pada diri. Hal ini bisa berujung berbagai masalah lain yang lebih berat. Berikut 5 jenis olahraga untuk menghilangkan stres yang bisa kamu coba:

1. Yoga

Yoga dikenal sebagai olahraga yang ampuh hilangkan stres, karena melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan-gerakan yoga, kamu dituntut untuk memfokuskan pikiran, sehingga secara perlahan pikiran kamu pun akan menjadi lebih tenang. Menurut beberapa ahli, hatha yoga adalah model yoga yang cocok untuk meredakan stres karena gerakannya mudah dilakukan dan berintensitas rendah. 

2. Aerobik

The American Council on Exercise (ACE) yang bekerjasama dengan Asosiasi Psikologis Amerika (APA) mengungkapkan fakta bahwa olahraga, khususnya jenis aerobik, efektif membantu seseorang dalam mengatasi stres. Lakukan lah gerakan aerobic secara rutin minimal sebanyak 5 kali dalam seminggu, selama 30 menit tiap kalinya untuk mengeluarkan perasaan positif dalam tubuh.

3. Olahraga yang Bersifat Rekreasi

Maksud olahraga rekreatif adalah olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan seperti bulutangkis, bola voli, tenis dan renang. Selain itu, beberapa jenis olahraga tersebut juga tidak terlalu menguras tenaga maupun meningkatkan adrenalin, sehingga baik untuk menghilangkan stres.

4. High-Intensity Interval Training

High-Intensity Interval Training adalah jenis latihan kardio yang menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Misalnya, lari sprint selama 20-30 detik, kemudian langsung disambung dengan jalan kaki selama 60-90 detik. Kamu tentu saja bisa menyesuaikan latihan dengan kondisi kebugaran tubuh kamu.

5. Kickboxing

Stres karena tuntutan pekerjaan yang tinggi atau sedang kesal dengan seseorang? Nah, kamu bisa melampiaskan rasa stres dengan melakukan olahraga kickboxing. Sebuah studi yang dipublikasikan di Japan Journal of Physical Education, Health, and Sport Sciences menemukan bahwa para peserta yang mengikuti kelas kickboxing bisa menurunkan rasa cemas, depresi, dan amarahnya secara signifikan setelah selesai olahraga.