MRI-ACT Distribusikan Bantuan untuk Terdampak Banjir di Bogor

Bogor, relawan.id – Banjir bandang yang menerjang wilayah Kampung Muara, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan Bogor, Jawa Barat merendam puluhan rumah di kawasan tersebut.

Tak hanya merendam puluhan rumah, banjir juga menerjang area persawahan dan kolam ikan milik warga. Diketahui satu jembatan penghubung di Kampung Cibunian, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, rusak. Sementara Pemdes setempat dan warga masih melakukan upaya serta mengecek pemukiman yang berada bantaran sungai.

Salah satu warga yang terdampak sekaligus pengurus Pesantren Ta’limul Qur’an Ustadz Hendra mengatakan kepada relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Bogor, banjir merendam kampung muara terjadi sejak sore hari hingga pukul delapan malam. 

“Awalnya hujan deras serta angin kencang setelah (waktu salat) asar. Air Sungai Cianten dan Cisakati meninggi dan kemudian banjir,” kata Hendra. 

Pesantren tempat ia mengajar pun digenangi air bah setinggi kurang lebih 1,5 meter.

Menurut Hendra, banjir kali ini merupakan kejadian kali ketiga sejak 20 tahun terakhir, yaitu pada 2003, 2016, dan 2020 ini.  Ia menambahkan, banjir tersebut menjadi yang terparah.

MRI-ACT Bogor pun segera melakukan asesmen sekaligus mendistribusikan bantuan darurat berupa bahan makanan pada Selasa (22/9). Berdasarkan data yang dikumpulkan relawan, saat ini kebutuhan darurat warga meliputi makanan, air bersih, dan alas tidur.