Ini Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah dan Cara Mengatasinya

Jakarta, relawan.id – Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan sebuah hal yang harus dipertahankan baik di kondisi pandemi seperti sekarang atau kapan pun. Kondisi sistem ketahanan tubuh yang baik bisa membuat kamu terhindar dari sejumlah masalah kesehatan yang muncul.

Ketika sistem imun tubuh ini melemah, kamu harus mencari cara untuk meningkatkannya lagi. Untungnya, melemahnya sistem kekebalan tubuh ini bisa kamu ketahui secara mudah,

Kondisi tubuhmu pada kondisi tertentu bisa menunjukkan bagaimana sistem imun tubuh. Tidak membutuhkan perangkat tambahan tertentu untuk mengecek atau mengawasi apakah sistem imun tubuh sedang menurun.

Beberapa pertanda sederhana yang muncul pada tubuh sehari-hari seperti rasa lelah atau diare bisa jadi penanda melemahnya sistem imun. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah tanda yang ditunjukkan oleh tubuh ketika sistem imun melemah.

Pemulihan Luka Membutuhkan Waktu yang Lebih Lama

Munculnya luka goresan kecil atau lecet pada tubuh bisa menjadi waktu bagi sistem imun untuk bekerja ekstra. Brian Chow, MD, pakar penyakit infeksi dari Tufts Medical Center, mengungkap bahwa ketika luka muncul, sel darah putih akan membantu melawan infeksi sedangkan sel darah merah membentuk jaringan yang baru.

Sayangnya, pemulihan luka ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini terutama ketika sistem kekebalan tubuh milikmu melemah sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pemulihan.

Cara Mengatasinya: Penyakit yang membuat sirkulasi darah menjadi buruk seperti diabetes kadang menjadi alasan terjadinya hal ini. Jika hal ini disebabkan oleh diabetes, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Stres

Stres bisa membuat kondisi tubuh kita menjadi tidak ideal serta meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh. Ketika stres dan peradangan ini menjadi kronis, hal ini bakal menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menekan sel yang melindungi tubuh kita dari serangan luar.

“Stres jangka panjang mempengaruhi perhatian tubuh menjadi lebih pada insting bertahan hidup dan bukan pada merawat tubuh,” terang dr. Chow.

“Hal ini mengapa seseorang yang sedang stres lebih rentan mengalami infeksi yang bersifat rutin,” sambungnya.

Cara Mengatasinya: Perkuat sistem imun tubuh dengan melakukan meditasi, yoga, olahraga, berjalan di alam, bertemu teman, serta berbagai hal lain yang menyenangkan. Sebisa mungkin cari cara untuk mengatasi munculnya stres ini dan meredakan pikiran.

Sering Mengalami Infeksi Telinga dan Sinus

Ketika kamu mengalami infeksi telinga hingga empat kali dan infeksi sinus hingga tiga kali dalam setahun, hal ini bisa berarti kamu mengalami masalah kekurangan imun. Masalah ini juga bisa dikenali ketika kamu mengalami pneumonia dua kali atau harus mengonsumsi antibiotik dua kali dalam setahun.

Cara Mengatasinya: Jika sejumlah hal ini terjadi, dr. Chow merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis alergi dan imunologi. Dengan cara ini, kamu bisa mengatasi masalah yang terjadi ini.

Sering Demam

Walau demam dan pilek merupakan masalah infeksi yang mungkin kerap kamu alami, namun masalah ini tetap mengganggu. Jika kamu kerap mengalami kondisi ini setelah terpapar atau bertemu sesuatu, hal ini bisa berarti kondisi imun di dalam tubuh yang melemah.

Gaya hidup juga bisa menjadi penyebab hal ini. Pada ibu yang baru melahirkan atau pada guru TK dan SD, kamu mungkin lebih rentan terpapat serangga dan banyak hal yang bisa menyebabkan sakit.

“Namun jika kamu kerap sakit dan tidak disebabkan oleh hal seperti ini, kamu mungkin mengalami sistem imun tubuh yang melemah,” terang Kathryn Boling, MD dari Mercy Medical Center.

Cara Mengatasinya: Penelitian mengungkap bahwa kurang vitamin D bisa berujung pada menurunnya respons imun dan meningkatkan risiko infeksi. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi vitamin D. Namun sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat sesuai usia.

Tubuh Terasa Lelah

Kelelahan bisa disebabkan karena berbagai hal, sehingga tidak dapat langsung disimpulkan bahwa kelelahan yang kamu alami disebabkan karena melemahnya sistem imun. Dr. Chow menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengecek kondisi tubuhmu sebelum membuat kesimpulan ini.

Ketika sistem imun tubuh sedang bekerja keras untuk meningkatkan kesehatanmu, hal ini juga bisa membuat lelah. Walau begitu, hal ini biasanya disertai dengan sulitnya tidur yang akhirnya memperburuk sistem imun tubuh.

Cara Mengatasinya: Pastikan untuk tidur dengan tepat. Buat jadwal tidur yang rutin dan patuhi. Selain itu, buat kamar tidur dalam kondisi gelap, dingin, dan tidak untuk melakukan banyak aktivitas lain.

Masalah Pencernaan

Diare kronis atau konstipasi bisa menjadi tanda adanya masalah pencernaan atau juga sistem imun tubuh yang melemah. Hal ini juga disebut bisa menjadi tanda terjadinya stres.

“Dan kita tahu stres bisa membuat kita lebih rentan mengalami infeksi terutama pada virus yang lebih umum,” terang dr. Chow.

Cara Mengatasinya: Konsumsi makanan tinggi pemanis buatan, serta lemak trans dan jenuh bisa menyebabkan disfungsi imum. Hal ini juga menganggu mikrobioma dalam usus. Karena usus memainkan peran besar dalam kekebalan tubuh, konsumsi makanan sehat dan seimbang bisa membantu sistem imun tubuh.