MRI-ACT Bantu Bersihkan Sisa Lumpur Pasca Banjir di Ambon

Ambon, relawan.id – Kawasan Batu Merah Dalam, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, salah satu wilayah terparah terkena banjir semalam. Banjir terjadi akibat hujan deras dan luapan air kali.

Oleh karena itu, relawan MRI-ACT Maluku, bersama TNI dan Polisi membersihkan sisa lumpur dan barang milik warga yang hancur akibat banjir semalam (3/10). Sebanyak 6 truk milik Pemerintah Kota Ambon dan TNI telah mengangkut kurang lebih 30 ton lumpur.

Selain membantu membersihkan sisa banjir, MRI-ACT juga membuka posko kesehatan dan dapur umum untuk membantu masyarakat batu merah. Membantu sesama yang sedang membutuhkan merupakan salah satu cara untuk meringankan beban saudara kita.

Banjir Batu Merah bisa dikatakan banjir tahunan, pada Sabtu (3/10/2020) terjadi Banjir yang menimpah Batu Merah, MRI-ACT Maluku dengan gesit langsung turun ke lokasi kejadian, hingga saat ini banyak rumah warga yang masih tergenang dengan lumpur dan serpihan kayu yang di bawah oleh kuatnya Arus Air.

“Alhamdulillah masyarakat di sini sangat berterimah kasih kepada Tim ACT/MRI Atas waktu & tenaganya dalam membantu warga disini mengangkut & membersihkan sampah2 hasil banjir kemarin.

Semoga ACT/MRI semakin bagus lagi dalam menolong umat ini khususnya mereka2 yg memang membutuhkan,” ujar Staff Program ACT Maluku, Syamsudin Mahu, Ahad (4/10/2020).

Diberitakan sebelumnya banjir menerjang sejumlah wilayah di Kota Ambon pada Sabtu malam (3/10/2020) setelah hujan deras mengguyur wilayah itu sejak sore. 

Akibat banjir tersebut ribuan rumah warga di empat kecamatan ikut terendam, empat rumah warga dan sebuah jembatan di kawasan Batu Merah juga rusak.