MRI-ACT Distribusikan Air Bersih di Sragen

Sragen, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Sragen hingga kini terus membersamai warga Sragen yang tengah kesulitan air bersih karena kemarau panjang. Hal yang dilakukan relawan MRI-ACT adalah mendistribusikan air bersih.

Distribusi air bersih in menggunakan armada Humanity Mobile Water Tank (HMWT) berkapasitas 8.000 liter dari ACT Cabang Solo dan 1 tangki dari luar yang juga berkapasitas 8.000 liter. 

Untuk lokasi penerima bantuan air bersih ini ada di 3 titik, yaitu, di Dukuh Glagah RT 030, 031, 032, Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, kemudian lanjut di Dukuh Sokorejo, RT 010/RW 019, Desa Ngepringan, Kecamatan Jenar dan yang terakhir di Dukuh Mangir RT 017/RW 003, Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

“Di daerah Dukuh merupakan desa yang sangat tandus. Masyarakat setempat sangat membutuhkan bantuan air bersih, karena kondisi di sana memang berbeda dengan daerah sekitarnya yang dekat sendang. Tetapi mata airnya pun hanya bisa untuk mencuci, bukan konsumsi,” tutur Mei warga sekitar.

Tak hanya itu, salah satu warga juga mengeluhkan bahwa air yang ada disekitar  terasa asin dan bahkan ada air kapur di desa Ngepringan. Air tersebut jika diguanakan untuk memasak nasi, maka nasi akan menjadi kuning dan cepat basi. Untuk mandi pun membuat kulit terasa licin dan lengket. 

“Jika tidak mendapatkan bantuan air, warga membeli air bersih seharga 4 – 5 ribu untuk 1 drigen. Warga sangat berharap ada dropping rutin untuk desa tersebut,” ungkapnya.