Antisipasi Banjir, MRI-ACT Bantu Damkar Susuri Sungai Ciliwung

Depok, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) dan Retana Kota Depok membantu Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok menelusuri Kali Ciliwung dengan mengecek aliran dari tumpukan sampah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan.

“Ini dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana menghadapi musim hujan dan bagaimana mengevakuasi korban di saat pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan,” ujar relawan MRI-ACT Depok, Faruqi Arief, Sabtu (24/10/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Damkar Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, susur Sungai Ciliwung kali ini dilakukan sehubungan dengan akan datangnya musim hujan dalam waktu dekat.

“Kami gunakan lima perahu karet,” kata Denny Romulo Hutahuruk.

Dia mengungkapkan, pihaknya melakukan penyisiran Sungai Ciliwung sepanjang enam kilometer yang melewati lima posko Ciliwung antara lain Posko Kancik Pondok Vina, Kompak, Mat Peci, WPL Srengseng Sawah, dan Saung Bambo.

“Tidak hanya menyisir sungai memantai sampah saja tapi relawan juga melihat serta mencatat sejumlah titik rawan longsor pinggir Ciliwung yang perlu diantisipasi saat hujan,” jelas Denny.

Menurut Denny, dari hasil penyisiran di Kali Ciliwung mulai dari kolong tol Juanda sampai dengan pasir gunung selatan terdapat tiga titik rawan longsor yang diakibatkan pengerukan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendirikan bangunan.

“Sedangkan untuk titik penumpukan sampah buangan di pinggir Kali Ciliwung mencapai belasan titik lokasi akibat buangan sampah liar limbah masyarakat dan sampah bekas hanyutan banjir dari Bogor khususnya di kolong tol Juanda dan Saung Bambu,” ujarnya.