Tingkatkan Basic Penyelamatan di Air, MRI-ACT Depok Gelar Water Rescue

Depok, relawan.id – Sebanyak 40 peserta dari berbagai unsur mengikuti pelatihan teknik pertolongan di permukaan air atau water rescue, Sabtu (24/10/2020). Kegiatan yang diadakan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) ini untuk melatih relawan agar siap dalam menghadapi bencana terutama banjir.

Relawan MRI-ACT Depok, Faruqi Arief mengatakan tantangan kedepan khususnya terkait pencarian dan pertolongan semakin berat. Masyarakat dapat menilai terhadap apa yang sudah kita kerjakan. Untuk itu penyelenggaraan pencarian dan pertolongan haruslah secara terencana dan terintegrasi, sehingga pengelolaan pencarian dan pertolongan dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh.

“Maka sangat diperlukan upaya-upaya penguatan kapasitas baik melalui latihan-latihan seperti ini, dan perlunya koordinasi yang optimal, baik sebelum terjadinya kecelakaan pada kondisi penyelenggaraan operasi SAR,” ujarnya.

Kegiatan Water Rescue ini dilakukan bersama Disaster Emergency Relief Management (DERM) yang dipimpin oleh Danru Jakarta Raya. Kegiatan ini diadakan agar para relawan memiliki basic penyelamatan diri terkhusus penyelamatan di air.

“Penyelamatan air ini yang sering terjadi pada kasus banjir dan orang-orang yang tenggelam. Penyelamatan air ini dengan medan yang sulit sangat membutuhkan keahlian yang cukup. Ada beberapa teknik yang sudah dipelajari seperti mengangkat korban dari air ke atas perahu, melempar tali, beberapa teknik mendayung dan lain-lain,” tuturnya.