MRI-ACT Depok Bekolaborasi dengan Satuan Pemadam Kebakaran Mengadakan Pelatihan Disinfeksi

Depok, relawan.id – Memasuki bulan ke-9 dari awal hadirnya pandemi Covid-19 di Indonesia, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Kota Depok bekerjasama dengan satuan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana Kota Depok memberikan arahan dan pelatihan disinfeksi untuk pemuda RW 20 Kelurahan Mekarjaya.

“Kami mengajak keikutsertaan pemuda untuk juga ikut ambil andil dan peran dalam melayani masyarakat. Saya dan tim tidak bisa melawan Covid-19 ini sendirian, kita butuh bersama-sama dan kalian yang akan memulai perubahan-perubahan itu,” ucap Kepala Seksi Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Tesy Haryati. (26/10/2020).

Saat ini Kelurahan Mekarjaya termasuk salah satu kelurahan yang dikatakan masuk dalam zona merah,dan dirasakan butuh penambahan wawasan dan juga pendampingan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kelurahan Mekarjaya. Aksi ini melibatkan 17 relawan MRI-ACT Kota Depok, 2 dari DAMKAR Mako GDC Kota Kembang Depok, dan 12 relawan pemuda Katar RW 20.

“Hari ini adalah hari yang luar biasa bagi saya, karena kita semua berkumpul hari ini di sini dengan komitmen untuk menjadi lebih baik, bukan hanya perilaku yang secara harfiah tapi hati kita juga lebih baik dari sebelumnya. Hari ini saya lihat di sini lebih semangat karena kami membersamai Katar RW 20 Mekarjaya yang semuanya semangat, dan esok adalah pembuktian. Harapan saya kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan seterusnya oleh generasi penerus,” tuturnya.

Pada kegiatan ini, pemuda dilatih untuk bisa melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh lingkungan RW 20 untuk bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Setidaknya ada 4 RT yang terdampak dengan adanya Covid ini, beberapa warga yang terpapar ini menjadi titik fokus utama untuk pelayanan ini, dan juga lingkungannya untuk bisa menimbulkan perubahan perilaku dimasyarakat,agar tidak terjadi kesenjangan antara mereka yang terkena covid dan juga masyarakat,” ujar relawan MRI-ACT Faruqi Arief.

Dan agenda ini akan dilanjutkan untuk langsung turun ke masyarakat memberikan pelayanan dan juga pendampingan baik medis maupun psikis agar masyarakat tetap sehat dan juga semangat.

“Kami pemuda Karang Taruna RW 20 Kelurahan Mekarjaya siap menjadi pribadi lebih baik,” ucap perwakilan pemuda RW 20 dan terima kasih kepada pihak DAMKAR kota Depok dan relawan MRI-ACT Kota Depok atas kunjungannya,” ujar Rahmat salah satu pemuda RW 20 kelurahan Mekarjaya Kota Depok.