Antisipasi Penyebaran Covid-19, MRI-ACT Depok Melakukan Penyemprotan Disinfektan

Depok, relawan.id – Untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok melakukan penyemprotan disinfektan di Kelurahan Mekarjaya RW 20.

Kelurahan Mekarjaya merupakan kelurahan dengan angka kasus positif aktif tertinggi se-Kota Depok berdasarkan informasi dari Kelurahan dan Satgas Covid-19 Kota Depok. Oleh sebab itu RW 20 dipilih sebagai lingkungan yang dimitigasi oleh Damkar, MRI-ACT Kota Depok dalam pembuatan modeling peranan relawan dan masyarakat dalam mengantisipasi Covid-19 di Kota Depok.

“Harapannya kedepan bentuk kegiatan dan sosialisasi ini dapat dicontoh dan dilakukan oleh relawan relawan lainnya dalam meminimalisir penyebaran covid-19 di Kota Depok baik itu satgas, dinas terkait, karang taruna hingga masyarakat di lingkungan itu sendiri,” ujar Kepala Seksi Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Tesy Haryati. (27/10/20)

Kegiatan ini dilaksanakan 2 minggu kedepan, dimulai dari kordinasi pihak kelurahan, RW, RT, Karang Taruna, hingga pencarian informasi berupa data yang dikelola oleh relawan MRI-ACT Kota Depok dalam menentukan program dan langkah yang akan diambil kedepannya. Langkah yang diambil tentunya merupakan langkah-langkah yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 dimulai dari sosialisasi antisipasi, edukasi, hingga penanganan seperti penyemprotan disinfektan untuk rumah pasien PDP dan ODP Covid-19 di Kota Depok.

“Alhamdulillah kegiatan ini luar biasa, terima kasih kepada pihak Damkar Kota Depok yang telah mempercayakan kami MRI-ACT Kota Depok untuk membuat modelling dan contoh program program yang bisa diterapkan oleh masyarakat. Semoga kedepannya kami bisa berkontribusi lebih banyak lagi untuk masyarakat Kota Depok dan bisa membantu meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Depok,” ucap Ketua harian 2 MRI Kota Depok, Faruqi Arief, Selasa (27/10/2020)

Kontribusi MRI-ACT Kota Depok dimulai dari membantu pemetaan wilayah, perumusan masalah, hingga kegiatan-kegiatan yang memiliki dampak seperti memberikan sosialisasi dan edukasi tentang penggunaan masker, cara cuci tangan, cara penyemprotan disinfektan, hingga pentingnya meyakinkan untuk menjauhi virus Covid-19 bukan menjauhi pasien yang terkena Covid-19.

Hal itu tercermin dari peran para relawan dari 5 cluster yang difokuskan oleh MRI Kota Depok yaitu Cluster Medis, Trauma Healing, Media, Filantropi dan Rescue. Masing masing relawan dari berbagai macam latar belakang pendidikan dan pengalaman memberikan kontribusinya pada kegiatan bersama Damkar Kota Depok. Semoga penyebaran Covid-19 bisa terus diminmalisir sehingga tidak semakin banyak masyarakat yang terdampak baik secara kesehatan, ekonomi maupun sosial.