Global Wakaf-ACT Bangun Sumur Wakaf untuk Pesantren Riyadul Ikhlas

Lebak, relawan.id – Kondisi geografis menjadikan Desa Calungbungur, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, berada di ketinggian 60,7 meter di atas permukaan laut. Desa Calung Bungur berada di dataran rendah, akan tetapi jangkauan air bersih masih sulit untuk dijangkau oleh sebagian masyarakat.

“Tanah di desa itu jenisnya berbatu wadas, sehingga ketersediaan air tanah di daerah tanah sepanjang tahunnya tidak dapat terpenuhi. Khususnya di Pesantren Riyadul Ikhlas, Kampung Gubug, Desa Calung Bungur,” ungkap Tim Global Wakaf-ACT, Wahyu Nur Alim.

Saat musim hujan pun debit air tetap sedikit, apalagi saat musim kemarau. “Dibutuhkan upaya melakukan pengeboran sumur dalam untuk mencapai akuifer yang memiliki cadangan air tanah besar, agar sumber air dapat terus mencukupi,” jelas Wahyu.

Ditambah lagi fasilitas MCK di Pondok Pesantren Riyadul Ikhlas sangat minim, dan MCK yang ada pun kondisinya kurang layak. Dinding MCK tidak tertutup sempurna sehingga mesti ditambal dengan beberapa sarung di beberapa sisinya.

Untuk mempermudah akses air bersih bagi para santri Pondok Pesantren Riyadul Ikhlas, Global Wakaf – ACT membangun Sumur Wakaf amanah dari para dermawan. Pembangunan Sumur Wakaf yang telah dimulai sejak Agustus itu selesai dan diresmikan pada Sabtu (3/10) silam.

“Alhamdulillah, pembangunan Sumur Wakaf ini telah selesai dan langsung dimanfaatkan oleh para santri. Selain untuk para santri, kita juga berharap Sumur Wakaf dapat dimanfaatkan oleh sekitar 50 jamaah pengajian di pesantren, dan juga tentunya masyarakat sekitar,” kata Wahyu.

Salah satunya santri bernama Asirin. Ia bersyukur dengan hadirnya Sumur Wakaf di Desa Calungbungur. “Terima kasih kepada Tim Global Wakaf – ACT Banten yang telah menyalurkan wakaf berupa Sumur Wakaf ke pondok pesantren kami khususnya, dan masyarakat di sekitar kami pada umumnya, semoga dapat bermanfaat selamanya,” ungkap Asirin.

Melihat kebahagiaan para santri serta masyarakat, Wahyu turut mengajak para dermawan untuk semakin meluaskan manfaat dari Sumur Wakaf. “Masih banyak lagi pondok pesantren yang membutuhkan bantuan kita untuk mendampingi para santri dalam menempuh pendidikannya. Oleh karenanya kami mengajak para dermawan untuk terus meluaskan manfaat Sumur Wakaf melalui laman Indonesia Dermawan atau transfer melalui BNI Syariah #8262000000685588 atas nama Yayasan Global Wakaf,” ajak Wahyu.