Armada Kemanusiaan ACT Siap Meluncur Bantu Para Pengungsi Erupsi Gunung Merapi

Yogyakarta, relawan.id – Armada kemanusiaan sudah bersiaga di halaman kantor ACT Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (11/11/2020) pagi. Humanity Food Truck, Ambulance Pre-Hospital, 4 unit mobil rescue, Humanity Water Tank, dan 3 unit motor trail disiapkan untuk membantu evakuasi hingga pemberian dukungan logistik untuk para pengungsi Merapi.

Humanity Food Truck akan difungsikan sebagai penyedia layanan makan gratis bagi para pengungsi. Sementara Ambulans Pre-Hospital difungsikan sebagai tempat pertolongan pertama dan bantuan medis. 

Untuk armada rescue digunakan untuk evakuasi para pengungsi ke tempat barak pengungsian. Sementara Humanity Water Tank akan digunakan untuk mensuplai kebutuhan air bersih selama di pengungsian. 

Kepala Cabang ACT DI Yogyakarta Bagus Suryanto mengungkapkan, sejumlah armada kemanusiaan secara beringingan akan meluncur menuju Global Volunteer Academy yang berada di Hargobinangun, Pakem, Sleman.

GVA sendiri merupakan bangunan shelter yang dibangun tahun 2010 untuk menampung ribuan pengungsi erupsi merapi 2010 silam, di mana bangunannya saat ini lebih difungsikan sebagai tempat pembinaan kerelawanan.

ACT berencana kembali memfungsikan bangunan tersebut sebagai titik pengungsian jika kondisi para pengungsi bertambah.

“Sampai saat ini kebutuhan darurat untuk para pengungsi Merapi adalah bantuan logistik berupa sembako, alat kebersihan diri, alas dan selimut, serta air bersih,” kata Bagus.

Tercatat hingga hari selasa kemarin, ribuan warga baik di Sleman maupun di Magelang-Jawa Tengah telah diungsikan di barak-barak pengungsian akibat ditetapkannya level siaga II oleh Pemkab setempat sejak hari kamis pekan sebelumnya