Aliansi Mahasiswa Kotabaru Berikan Bantuan ke Posko MRI-ACT untuk Korban Kebakaran

Kotabaru, relawan.id – Kebakaran hebat melanda ratusan unit rumah di tengah kota, RT 16 Kelurahan Kotabaru Tengah, Jalan Patmaraga dan Jalan Bakti, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Jumat (30/10/2020). 

Penyaluran bantuan untuk penyintas musibah kebakaran di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan terus mengalir. Seperti yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kotabaru pada Sabtu (7/11).

Saat menyambangi posko kemanusiaan yang didirikan oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Kotabaru yang tak jauh dari lokasi kebakaran di Jalan Patmaraga, Kelurahan Kotabaru Tengah, para mahasiswa menyalurkan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh para korban musibah kebakaran. Seperti peralatan masak yang dibutuhkan untuk dapur umum. Hal ini dilakukan sebagai wujud solidaritas untuk kampung halaman mereka.

“Ada peralatan untuk dapur seperti wajan. Kemudian juga ember, gayung, dan panci. Karena sebelumnya kami konfirmasi ke posko kemanusiaan, sebelum ada update terbaru, alat masak ini yang sangat diperlukan,” kata Ketua Aliansi Mahasiswa Kotabaru, Hasan Asri.

Tak hanya itu, para mahasiswa juga memberikan bantuan kelengkapan pendidikan untuk anak-anak korban musibah kebakaran yang terjadi pada Jumat (30/10) silam. “Kami juga memberikan bantuan berupa baju dan peralatan sekolah, yang ada di dalam sini (kotak kardus) serta buku-buku tulis,” imbuh Hasan.

Ia menggarisbawahi, semua donasi yang diserahkan kepada korban musibah kebakaran di Kabupaten Kotabaru, merupakan hasil ikhtiar dari para mahasiswa yang melakukan aksi penggalangan dana di jalanan maupun sumbangan dari masyarakat di Kota Banjarmasin. Mengingat, sebagian besar mahasiswa yang tergabung di aliansi ini, menimba ilmu di ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan. “Kebetulan, karena kami berasal dari Kotabaru, kami berinisiasi meminta sumbangan dari masyarakat,” tandas Hasan.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Kalimantan Selatan Zainal Arifin menyambut baik inisiasi mahasiswa yang memberikan bantuan-bantuan yang sangat dibutuhkan oleh penyintas kebakaran di Kotabaru. Apalagi, bantuan alat masak memang sangat bermanfaat untuk kelangsungan dapur umum yang didirikan di Jalan Pangeran Kesuma Negara.

“Semoga bantuan ini benar-benar bermanfaat. Apalagi untuk menunjang aktivitas dapur umum yang didirikan MRI-ACT Kotabaru,” kata Zainal.

Di sisi lain, bantuan kelengkapan pendidikan untuk anak-anak korban musibah kebakaran di Kotabaru juga disambut baik oleh Zainal. Apalagi, kelengkapan pendidikan seperti pakaian seragam sekolah maupun alat tulis habis terbakar dalam musibah kebakaran yang menghanguskan lebih dari 150 buah rumah.

“Semoga ini menjadi amal jariah bagi para donator maupun mahasiswa yang melakukan aksi ini. Insyaallah bermanfaat, apalagi anak-anak penyintas kebakaran di Kotabaru juga sangat membutuhkan kelengkapan pendidikan ini. Para dermawan juga dapat menjadi bagian dari pulihnya para korban dari bencana ini. Bantuan terbaik dapat dikirimkan melalui laman resmi Indonesia Dermawan atau melalui rekening BNI Syariah 8660 2910 1801 0079 atas nama Aksi Cepat Tanggap,” pungkas Zainal.