MRI-ACT Tanah Bumbu Distribusikan Bantuan untuk Warga Terdampak Kebakaran

Tanah Bumbu, relawan.id – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kalimantan Selatan. Kali ini, terjadi di RT 14, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, pada Selasa (1/12) siang. 

Informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian, kebakaran mengakibatkan 17 rumah hangus terbakar atau 52 jiwa harus kehilangan tempat tinggal. Angin yang berhembus kencang saat kejadian menjadi faktor cepat merambatnya api sehingga petugas pemadam yang dibantu warga kesulitan memadamkan api.

Pasca kebakaran, tim relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Tanah Bumbu bergerak menuju lokasi kejadian untuk mendata korban kebakaran dan asesmen kebutuhan para korban.

“Alhamdulilah Relawan MRI-ACT beserta aparat pemerintah telah menyalurkan bantuan makanan siap santap kepada warga terdampak. Kini, pangan, pakaian, obat-obatan serta renovasi rumah menjadi kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi.,” kata relawan MRI-ACT Tanah Bumbu, Indra Gunawan yang berada di lokasi kejadian.

Indra menambahkan, saat ini korban memilih mengungsi di rumah kerabat yang tak jauh dari lokasi kebakaran. Hal ini dilakukan para korban untuk memudahkan mereka bolak-balik ke rumah mereka yang terbakar untuk mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan Zainal Arifin mengajak masyarakat untuk membantu para korban kebakaran di Satui. 

“Kebakaran jadi salah satu bencana yang berdampak sangat besar bagi korbannya. Mereka bisa kehilangan seluruh harta benda dalam sekejap. Bahkan, masih segar diingatkan kita kebakaran di Kotabaru beberapa pekan lalu yang menghanguskan 150 rumah. Untuk itu, uluran tangan kita sangat dinantikan oleh mereka yang menjadi korban,” ajak Zainal.