MRI Sragen dan ACT Solo Hadirkan Dapur Masjid

Sragen, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Sragen bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo dan Karang Taruna Watubucu melaksanakan Program Baru Dapur Jumat di Masjid Al Islam, Dusun Watubucu RT 020, Desa Jeruk, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Jumat (11/12/2020).

Dapur Jumat ini diinisiasi oleh ACT Solo sebagai wujud kepedulian terhadap Masjid di pelosok desa yang masih jarang sekali terdapat berbagi menu makanan setelah shalat Jumat.

Hadirnya Dapur Jumat di Sragen, menjadi awal keberkahan yang dimulai dari masjid-masjid di tepian Kabupaten Sragen. Masyarakat sekitar dilibatkan langsung dalam program Dapur Jumat bersama MRI-ACT sebanyak 15 relawan dengan membagi tim. Tim pertama untuk bersih-bersih Masjid sebelum shalat Jumat, dan tim lainnya memasak untuk menyiapkan sajian menu makanan yang akan dibagikan setelah shalat Jumat.

“Pada awalnya anak-anak kecil dan warga bertanya-tanya tentang adanya nasi bungkus di depan pintu utama masjid, mereka menduga masjid punya acara syukuran khusus, sehingga banyak anak kecil setelah shalat Jumat selesai tidak berani untuk mengambil nasinya, hingga pada akhirnya relawan MRI-ACT setelah selesai berdoa, memanggilnya dan memberikan nasi bungkus ke setiap jamaah masjid,” ujar relawan MRI Sragen, Ervin.

Bagi warga, ini adalah pertama kalinya dibagikan nasi bungkus di hari Jumat. Senyum sumringah terpancar di tiap wajah warga saat menerima bungkusan nasi.

“Alhamdulillah, matur suwun mas, mugi berkah sedoyonipun,” tutur Mbah Giyo.

Selain itu, Sri juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan. “Terima kasih banyak mbak mas relawan atas sedekahnya. Ngapunten jika ada yang kurang dalam memfasilitasi. Semoga mbak-mas dilancarkan segala urusan, sukses, berkah,” katanya.