MRI Sumatera Barat Bersama ACT Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana di GOR H. Agus Salim

Padang, relawan.id- Dalam upaya antisipasi dini, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), menggelar apel kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana di GOR H. Agus Salim, Rabu (16/12/2020 ).

Branch Manager, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat, Ustadz Zeng Wellf menyampaikan, kegiatan apel kesiapsiagaan tersebut bertujuan untuk menyiagakan tim emergency di tingkat wilayah/cabang, dan memastikan semua relawan MRI setiap Kabupaten/Kota dan perlengkapannya dalam keadaan ready, ini sebagai bentuk kesiapan lembaga dalam menghadapi bencana.

“Karena prediksi puncak La Nina akan datang bersamaan dengan puncak musim hujan pada Desember 2020 dan Januari 2021.” terangnya.

Dengan adanya himbauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masyarakat dan pemangku kepentingan di daerah untuk mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi menyongsong periode akhir tahun 2020 dan tahun baru 2021.

Lanjut Ustadz Zeng, mengatakan, ancaman tersebut direspon cepat oleh ACT – MRI Sumatra Barat, agar bisa mengambil langkah tepat disaat sewaktu-waktu terjadi bencana, sehingga bencana bisa diminimalisir.

” ACT-MRI Sumatera Barat menghimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama di wilayah-wilayah yang memang merupakan titik rawan bencana seperti banjir, longsor dan angin puting beliung,” tuturnya.

Sementara Ketua Harian MRI Sumatra Barat, Falerino Tanjung menambahkan, ada 30 relawan yang mengikuti apel pagi ini, mereka akan selalu siap siaga 24 jam dan akan turun ketika ada panggilan darurat.

” Saat ini ACT-MRI Sumatra Barat telah menyiapkan armada rescue seperti perahu karet, alat pelindung diri (APD), dan kebutuhan lainnya, sehingga ketika bencana datang, semua relawan ini siap untuk terjun dengan segala perlengkapan yang ada,” imbuhnya.

Reporter : Edwarman