Global Wakaf dan YP3I Resmikan Wakaf Distribution Center di Jombang

Jombang, relawan.id – Beragam ikhtiar untuk mewujudkan kemandirian pangan umat terus dilakukan oleh Global Wakaf-ACT di sepanjang tahun 2020 ini. Upaya ini diperkuat dengan kehadiran Wakaf Distribution Center kedua yang diresmikan pada Jumat (25/12), berlokasi di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Peresmian Wakaf Distribution Center tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan Yayasan Penguatan Peran Pesantren Indonesia (YP3I).

Wakaf Distribution Center merupakan bagian dari program besar Wakaf Sawah Produktif yang diinisiasi oleh Global Wakaf-ACT, dengan tujuan memperkuat kemandirian pangan umat. Pusat layanan pangan dan bantuan kemanusiaan tersebut menjadi wujud nyata pemerataan serta mempercepat proses distribusi pangan dan logistik untuk wilayah Jawa Timur. Terlebih, kebutuhan pangan selalu mendesak untuk dipenuhi, baik dampak bencana alam maupun kemiskinan. 

Presiden Global Wakaf-ACT N. Imam Akbari menyampaikan, Wakaf Distribution Center memiliki fungsi lebih dari sekadar gudang pangan. Pertama, Wakaf Distribution Center adalah perwujudan spirit Baitul Maal Wakaf, yang membantu masyarakat prasejahtera untuk terus bisa hidup dan dapat kebutuhan utamanya. Kedua, Wakaf Distribution Center adalah ekosistem wakaf, bagian dari amal jariah yang terus berlanjut pahalanya bahkan saat kematian. Ketiga, Wakaf Distribution Center  bukan hanya sekedar bangunan, melainkan layanan terintegrasi.

“Wakaf Distribution Center ini adalah layanan terintegrasi, pusat penyediaan pangan, logistik, hingga layanan kesehatan. Ini menjadi bagian dari ekosistem wakaf yang kami hadirkan. Di hulu, kami bekerja sama dan membina petani lokal dalam memproduksi beras. Beras-beras tersebut akan ditampung dalam gudang ini untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan, termasuk korban bencana, yang mana mereka adalah hilir dari ekosistem wakaf ini,” jelas Imam, saat meresmikan Wakaf Distribution Center, Jumat (25/12). Peresmian ini juga dihadiri Asisten Bupati Jombang Jufri dan tokoh agama di Jombang.

Wakaf Distribution Center yang diresmikan di Jombang ini mampu memiliki luas 1.200 meter persegi dan mampu menampung pangan dalam bentuk beras hingga 500 ton. Selain Beras Wakaf, ada juga Air Minum Wakaf serta bahan pangan lainnya. Kehadirannya di Jombang adalah untuk memperkuat kemandirian pangan masyarakat di Jawa Timur. Hal ini disampaikan oleh Eka Setyawati selaku Manager Global Wakaf-ACT.

“Wakaf Distribution Center ini menjadi upaya kami untuk menjaga kedaulatan pangan bangsa, di mana salah satu fungsinya adalah mendistribusikan bantuan pangan secara merata dan terorganisir untuk masyarakat prasejahtera, korban bencana, dan pesantren. Kenapa lokasinya di Jombang? Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat prasejahtera di Jatim, yang cakupan wilayahnya cukup luas,” terang Eka.

Operasionalisasi Wakaf DIstribution Center ini akan dikembangkan dengan konsep swalayan. para penerima manfaat bisa memilih sendiri produk untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari, yang disesuaikan dengan anggarannya dan sistem operasional. “Nantinya semua layanan di WDC dapat diakses dengan kartu member Waqf Card, dan Zakat Card,” imbuh Eka.

Selain bahan pangan, Wakaf Distribution Center juga mendistribusikan makanan siap santap serta memberikan layanan kesehatan, baik di lokasi tersebut maupun keliling ke rumah-rumah warga. Di peluncurannya, Wakaf Distribution Center mendistribusikan Beras Wakaf dan Air Minum Wakaf di sejumlah pesantren dan masyarakat prasejahtera di Jombang.

Irvan Yusuf Hasyim selaku Pembina Pesantren Tebu Ireng amat bersyukur atas kehadiran Wakaf Distribution Center yang membantu kebutuhan pangan santri-santri di masa pandami ini. “Saya berharap program ini bisa menjangkau pesantren-pesantren kecil sehingga mereka bisa terbantu dan mandiri,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Gus Irvan ini juga berharap sumber bahan pangan yang didistribusikan berasal dari para petani lokal yang prasejahtera. “Karena saya tahu kondisi petani-petani di sini. Oleh karenanya saya berharap Global Wakaf-ACT bisa bekerja sama dengan petani-petani kita sehingga mereka berdaya,” pungkas Gus Irvan.

Eka pun mengajak masyarakat untuk bisa terlibat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat prasejahtera se-Jatim. Wakaf edekah pangan bisa disalurkan melalui cabang-cabang Global Wakaf-ACT yang ada di Jawa Timur seperti Madiun, Mojokerto, Surabaya, Jember serta lainnya.