MRI-ACT Terjunkan Relawan Bantu Evakuasi Korban Terdampak Gempa Majene

Jakarta, relawan.id – Disaster Emergency Respons (DER) MRI-ACT menerjunkan relawan untuk membantu evakuasi warga terdampak gempa Majena, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Relawan yang diterjunkan 25 relawan, dari Sulawesi Selatan 15 relawan dan 10 relawan dari Sulawesi Tengah.

“Kita terjunkan 15 relawan dari Makassar, Sulawesi Selatan untuk membantum evakuasi korban terdampak gempa di Majene,” ujar relawan MRI-ACT Sulsel, Matz Firman, Jumat (15/1).

Sementarai itu, Kepala Pelaksana BPBD Sulawesi Barat Darno Majid mengatakan dari data sementara, ada tiga orang yang dinyatakan meninggal dunia. Pencarian korban di runtuhan bangunan masih terus dilakukan.

“Kami laporkan, ada tiga orang yang meninggal dunia. Ini data sementara,” ujar Darno.

Sejumlah kerusakan parah terjadi. Selain kantor pemerintahan dan rumah warga, rumah ibadah dan jalanan juga rusak. Darno mengatakan ribuan warga saat ini sedang mengungsi.

“Untuk data pastinya sementara kita kumpulkan. Tapi sejak kemarin warga memang sudah mengungsi karena kita imbau soal gempa susulan,” jelasnya.

Gempa susulan berkekuatan 6,2 itu membuat warga memilih mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Sebelumnya, gempa magnitudo berkekuatan 5,9 lebih dulu menghantam Majene pada Kamis (14/1/2021) sore.