Bantu Para Penyintas Gempa Mamuju dan Mejene, Armada Kemanusiaan ACT Diberangkatkan

Bogor, relawan.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas 5 unit armada untuk membantu langsung para penyintas gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Pelepasan bantuan dilakukan pada Senin (18/1/2021) siang ini di Wakaf Distribution Center (WDC) Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

“Armada yang diberangkatkan ini ada armada Humanity Food TruckHumanity Rice TruckHumanity Water Truck, dan Ambulans Pre-Hospital, serta pikap kabin ganda yang insyaallah akan membantu saudara-saudara kita yang mengalami musibah bencana gempa di Mamuju dan Majene,” ujar Eka Setiawaty selaku Manajer Program ACT.

Telah turun juga di berbagai medan terdampak bencana, Eka berharap armada-armada ini dapat memenuhi kebutuhan para penyintas yang saat ini masih perlu uluran tangan dermawan. “Insyaallah armada ini akan kami optimalkan penggunaannya untuk membantu masyarakat. Seperti pengadaan pangan melalui Humanity Food Truck, pemberian air bersih karena tentunya distribusi air bersih secara infrastrukturnya terganggu,” jelas Eka.

Selain armada-armada kemanusiaan, sejumlah bantuan lainnya juga segera diturunkan dari beberapa cabang ACT di Indonesia pada hari ini. Bantuan tersebut antara lain sebanyak 10 truk bserisi 500 ton Beras Wakaf yang dibawa oleh ACT Karawang yang mana selain untuk korban bencana, juga untuk masyarakat prasejahtera lainnya. Kemudian 10 truk berisi 70 ton logistik juga akan diberangkatkan dari Kantor ACT Sulawesi Selatan.

Armada kemanusiaan tersebut akan bertahan selama bantuan masih diperlukan, demikian juga bantuan logistik akan terus diikhtiarkan selama kondisi darurat ini. Eka berharap bantuan-bantuan yang dikirimkan para dermawan ini dapat memberikan maslahat lebih di tengah bencana yang tengah mendera.

“Ini sebagai bentuk dukungan kami agar mereka kembali bangkit kembali seperti sediakala, dan segala kebutuhan, terutama pangan, bisa terpenuhi di masa darurat ini. Bantuan dapat dikirimkan melalui laman Indonesia Dermawan. Semakin banyak masyarakat yang membantu, insyaallah semakin cepat pemulihan masyarakat yang mengalami musibah,” ajak Eka.