MRI-ACT Aceh Utara Galang Dana untuk Korban Terdampak Gempa Majene

Aceh, relawan.id – Sebanyak 84 orang meninggal akibat gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat. Korban terdiri dari 73 orang di Mamuju dan 11 orang di Majene. Gempa dengan magnitudo 6,2 diketahui terjadi di wilayah Sulawesi Barat, pada 15 Januari 2021 dini hari. Gempa tersebut turut mengakibatkan sejumlah bangunan roboh.

Bangunan yang rusak diantaranya Kantor Gubernur Sulbar, Maleo Town Square, toko, swalayan, hingga Rumah Sakit Mitra Manakarra. Atas bencana gempa tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat telah menetapkan status tanggap darurat. 

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Aceh Utara menggalang dana untuk membantu korban bencana alam gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat, Senin (18/1/2021).

Ketua MRI-ACT Aceh Utara, Tengku Muhadaruddin, mengatakan penggalangan dilakukan di beberapa titik di  jalan nasional Medan-Banda Aceh, seperti di Kecamatan Samudera dan Kecamatan Lhoksukon.

“Selain di jalan raya, penggalangan dana dengan melibatkan relawan dilakukan dengan menjemput langsung donasi seperti dari pedagang-pedagang,” kata Tengku Muhadaruddin.

Sementara itu, penggalangan dana di jalan dilakukan dengan kardus dan spanduk bertuliskan kepedulian bersama terhadap bencana alam gempa bumi di Majene. 

Aksi kemanusiaan tersebut menjadi perhatian masyarakat, terutama pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat. Mereka juga menyempatkan diri memberikan bantuan kepada relawan.