MRI-ACT Bogor Raya Kirimkan Relawan dan Logistik untuk Terdambak Banjir

Bogor, relawan.id – Banjir bandang menghantam kawasan Puncak Bogor, Selasa (19/1/2021) pagi. Banjir tepatnya merendam Desa Tugu Selatan, Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Merespon hal itu, MRI-ACT Bogor Raya langsung menerjunkan relawannya untuk membantu evakuasi korban, selain itu tim juga membawa logistik berupa makanan siap saji, beras dan bahan pokok lainnya yang nantinya akan dimasak dan disajikan oleh tim dapur umum posko setempat yang disediakan oleh Tagana Kabupaten Bogor.

“Kejadian berawal sejak semalam kondisi di wilayah Puncak terjadi hujan secara terus menerus. Sehingga menyebabkan Kali Cisampai yang merupakan anak Sungai Ciliwung meluap dan mengakibatkan banjir bandang disertai material kayu bercampur lumpur,” ujar relawan MRI-ACT Bogor Raya, Khisnul.

Menurut laporan warga setempat kejadian pertama itu pada pukul 09.00 pagi, serta disusul sampai dengan empat kali dan yang paling parah yaitu di kejadian 3 dan ke 4 pada pukul 01.00 siang, yang menyebabkan tiga bangunan milik warga rusak. 

“Dari tiga bangunan tersebut, satu warung, sisanya dua bangunan rumah warga, Alhamdulillah tidak sampai memakan korban jiwa. Sementara itu, 900 jiwa penduduk terpaksa dievakuasi. “Kata Kepala Desa Tugu Selatan Eko Windiana.

Sementara itu hadir juga beberapa Forkopimda seperti Wakil Bupati Bogor, Kapolres Bogor, Dandim 0621 Kabupaten Bogor. Selanjutnya juga hadir Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Kadishub Kabupaten Bogor, Camat Cisarua, Kepala Desa Tugu Selatan dan sebagainya. Termasuk juga para relawan lainnya yang terlibat dalam kegiatan membersihkan sisa-sisa material banjir bandang ini.

Kebutuhan yang diperlukan saat ini adalah logistik, pakaian layak pakai, peralatan bayi, selimut, peralatan ibadah.