Hadapi Bencana 2021, MRI-ACT Bogor Gelar Apel Kesiapsiagaan

Bogor, relawan.id – Banjir bandang yang menerjang Kampung Gunung Mas dan Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/1/2021), mengakibatkan ratusan warga mengungsi.

Merespon hal itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Bogor bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) melakukan kegiatan Apel Kesiapsiagaan hadapi bencana tahun 2021, yang bertempat di Kantor ACT Cabang Bogor, Jalan Acmad Adnawijaya, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu (20/1).

Kepala Cabang ACT Bogor, Catur Widodo mengatakan kegiatan tersebut untuk menangulangi potensi musibah bencana alam di seluruh Indonesia khususnya wilayah Bogor Raya.

“Saat ini sedang terjadi bencana di hampir seluruh wilayah Indonesia dan di Bogor sendiri terjadi juga longsor dan banjir bandang di wilayah puncak Gunung Mas. Artinya dengan kondisi seperti ini kita harus waspada dan siaga, artinya bencana itu tidak ada yang tahu kapan datangnya tetapi setidaknya kita sudah siap siaga, kita bisa secepatnya merespon untuk meringankan dan membantu saudara saudara kita yang terdampak bencana sehingga kami siap secara tenaga,” ujarnya.

Bukan hanya tenaga kerelewanan ACT Cabang Kota Bogor juga menggalang kepedulian, mengajak masyarakat untuk membantu saudara-saudara yang terdampak yaitu dengan memberikan bantuan terbaiknya.

“Dan ACT diakhir bulan Januari ini akan memberangkatkan satu kapal kemanusiaan yang bisa mengangkut 1000 ton untuk di Sulawesi Barat, Dan kami akan targetkan menyumbang minimal 10 truk untuk Sulawesi Barat,” katanya.

Pihaknya juga menunggu partisipasi dari masyarakat Bogor selagi ACT Cabang Bogor akan memberangkatkan kapal kemanusiaan yang baiknya itu logistik, mau itu pangan ataupun non pangan apa apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di sana.

“Jadi masyarakat bogor tidak usah repot-repot harus datang ke sana, karena ACT akan memberangkatkan kapal kemanusiaan sehingga bisa memberikan bantuan kepada saudara kita yang di sana,” tambahnya.

ACT Cabang Bogor membuka donasi untuk warga Bogor yang ingin mendonasikan bisa dalam dua bentuk pertama bentuknya bisa uang maupun pangan.

“Nanti bisa di transfer ke rekening ACT atau juga bisa dalam bentuk barang, kita prioritaskan yang pertama bahan pangan yang utama adalah beras juga kebutuhan pangan yang lainnya. Terus juga kebutuhan yang mendesak saat ini di sana adalah personal higien untuk kebersihan karena memang dampak gempa di Sulawesi Barat itu kan hampir semua barang-barangnya sudah tertimbun reruntuhan, untuk bentuk barang bisa langsung ke kantor ACT,” ujarnya.

Dia pun menghimbau masyarakat agar membuka posko-posko kepedulian di wilayah masing masing untuk saudara saudara kita yang terdampak bencana.

“Ya bisa membuka posko, bisa di sekolahan, atau kantor kelurahan, bisa di majelis, kantor desa, kantor kecamatan, nanti bisa berkoordinasi dengan ACT, nanti kita ambil ataupun bisa diantarkan ke kantor ACT itu lebih baik,” pungkasnya.