ACT Kalsel Kirimkan 70 Ton Beras untuk Penyintas Banjir

Banjarmasin, relawan.id – Bantuan kemanusiaan berupa 70 ton beras yang diangkut dalam 10 truk untuk penyintas banjir Kalimantan Selatan tiba di Posko Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan, Rabu (20/1/2021). Bantuan tersebut akan disampaikan kepada penyintas banjir di 11 kabupaten/kota.

“Sebagai respons awal, ACT menyiapkan bantuan logistik berupa beras. Selanjutnya, juga tengah kami persiapkan bantuan lain, seperti keperluan kebersihan dan kesehatan. Selain itu, bantuan dari banyak mitra dan dermawan juga terus berdatangan ke posko kemanusiaan ACT Kalimantan Selatan,” jelas Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin.

Bantuan tersebut akan didistribusikan melalui posko unit kemanusiaan ACT yang berada di sembilan kota/kabupaten.

Distribusi pertama langsung dimulai  Rabu sore di wilayah Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut dan Landasan Ulin Utara, Kota Banjarbaru. Dapur umum ACT juga telah didirikan di wilayah tersebut.

Sementara itu, dalam perjalanan via Jawa Timur, Humanity Food Truck ACT dan mobil kabin ganda telah diberangkatkan dari Wakaf Distribution Center Gunung Sindur, Rabu (20/1/2021) sore. HFT berkapasitas masak 1.000 porsi makanan sehari itu akan melayani pengungsi dengan makanan siap santap bergizi.

Berdasarkan data Pusat Pelayanan Informasi dan Kehumasan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan per Kamis (21/1/2021) pukul 18.00 WITA, 20 korban meninggal, lebih dari 490 ribu jiwa terdampak, dan 101.816 rumah tenggelam.