MRI-ACT Kaltim Kirimkan Regu Penyelamat untuk Bantu Tangani Terdampak Banjir Kalsel

Kaltim, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Kaltim mengirimkan regu penyelamat menuju Kalimantan Selatan untuk membantu penanganan tanggap darurat di sejumlah wilayah terdampak banjir. Tim MRI Kaltim tersebut berangkat pada Ahad (24/1/2021).

Personel regu penyelamat MRI Kaltim merupakan relawan yang memiliki keahlian di bidang rescue dalam situasi bencana. Mereka dibekali kemampuan evakuasi dan pemetaan wilayah bencana untuk memudahkan proses penyelamatan warga terdampak.

Kepala Cabang ACT Kaltim Andy Pradipta menjelaskan, pengiriman regu penyelamat ini tidak terlepas dari kondisi sejumlah wilayah terdampak banjir besar di Kalimantan Selatan. Hingga saat ini potensi bencana banjir susulan masih bisa terjadi, mengingat curah hujan yang intensitasnya masih tinggi khususnya di wilayah Kalimantan Selatan. 

“Sehingga kami berinisiatif untuk mengirimkan regu penyelamat untuk membantu penanganan tanggap darurat di sana sekaligus bersiaga jika sewaktu-waktu banjir susulan terjadi,” terang Andy.

Hafid dari Tim MRI Kalimantan Timur mengatakan timnya telah berkoordinasi dengan ACT Kalimantan Selatan terkait kebutuhan dan titik posko di wilayah yang paling terdampak. 

“Sehingga bantuan relawan dari kami Insya Allah tepat sasaran dan meringankan kinerja relawan di sana,” katanya

Sementara itu, banjir besar yang melanda belasan kota/kabupaten di Kalimantan Selatan menimbulkan banyak korban jiwa dan luka, kerusakan infrastruktur, serta kerusakan fasilitas umum dan permukiman warga. Saat ini ACT terus memperluas jangkauan penanganan tanggap darurat di Kalimantan Selatan. Beberapa di antaranya dengan mengirimkan regu penyelamat, armada-armada kemanusiaan, pendirian posko dan pendistribusian bantuan, pemberian layanan medis, hingga pelayaran Kapal Kemanusiaan yang mengangkut 1.000 ton bantuan pangan dan logistik.