Cikarang Timur Diterjang Banjir, Relawan MRI-ACT Diterjunkan Bantu Evakuasi Korban

Bekasi, relawan.id – Hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari mengakibatkan Desa Laban Sari, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi terendam banjir, Senin (8/2/2021). Banjir terjadi akibat meluapnya air di Sungai Cibe’et dan Sungai Citarum.

Kepala Desa Laban Sari, Amak Gozali mengatakan bahwa ketinggian air berkisar antara 50 hingga 80 cm.  “Dari 12 RT, hanya dua yang tidak kena banjir dan bencana ini melumpuhkan aktivitas warga,” katanya.

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menerjunkan relawan untuk membantu proses evakuasi korban terdampak banjir di Kabupaten Bekasi. Relawan MRI melaporkan jumlah sementara terdampak banjir 6.811 jiwa dan sekitar 1.603 rumah.

“Alhamdulillah kita sudah menerjunkan relawan untuk membantu warga terdampak banjir,” ujar relawan MRI, Bagus.

Lebih lanjut, Amak Gozali berharap baik kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat agar segera menurunkan bantuan logistik dan obat-obatan untuk warganya. 

“Semoga Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Pusat dan para donatur segera menurunkan bantuan logistik dan obat-obatan untuk ribuan warga desa kami yang tekena dampak banjir,” ujarnya.  

Adapun kebutuhan pokok yang dibutuhkan yaitu makanan, peralatan mandi, pakaian, dan tempat tinggal sementara atau posko pengungsian.

“Untuk bantuan darurat yang dibutuhkan oleh warga kami seperti tenda darurat, peralatan masak, genset listrik, lampu darurat, alat-alat untuk evakuasi, peralatan medis, selimut, peralatan makan minum, dan lain sebagainya,” tuturnya.