Relawan MRI-ACT Pati Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Pati

Pati, relawan.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat ada sebanyak 23 desa yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang direndam banjir hari ini. Rata-rata ketinggian air antara 30 sentimeter sampai 1 meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi, menyebut banjir disebabkan curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Pati dewasa ini. Sehingga mengakibatkan meluapnya aliran Sungai Silugonggo Pati.

“Total 23 Desa di 6 Kecamatan di Pati. Kecamatan Pati kota, Gabus, Jakenan, Sukolilo, Juwana, dan Kayen. Rata-rata ketinggian 30 sentimeter sampai 1 meter,” kata Budi, Sabtu (6/2/2021).

Mendengar, banjir dibeberapa wilayah Pati, MRI-ACT Pati langsung menerjunkan relawannya untuk melakukan evakuasi dan assesment. “Sore ini (9/2/2021) tim MRI-ACT Pati mendapatkan kabar tentang banjir yang melanda beberapa wilayah di Pati, dan yang belum ada datanya adalah Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan. Tim pun langsung menuju lokasi dengan membawa motor, dan sesampainya di sana kami menemui Bapak Kades Ngastorejo,” ujar relawan MRI-ACT Pati, Afrina.

Dari hasil assesment, setidaknya ada 208 KK (145 rumah dan 645 jiwa) yang terendam banjir di kawasan tersebut. Warga pun terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangga dan posko yang berada di desa. 

“Ternak warga yang ikut diungsikan sejumlah 15 ekor. Tidak ada korban jiwa, dan ketinggian air maksimal di jalan mencapai sekitar 80cm. Jumlah sawah yang terendam 135 ha, pekarangan 47 ha, lahan tegalan 12 Ha,” tuturnya.

Sebelumnya, sejak Jumat malam (5/2) hujan terus mengguyur daerah tersebut setiap hari hingga kemarin dengan tingkat curah hujan bervariasi, hingga sungai  mengalami luapan pada sore sampai malam hari.  debit air yang mengalir tidak mampu ditahan oleh sungai sehingga meluap ke pemukiman warga.