Kapal Kemanusiaan Kembali Diberangkatkan dari Sumut untuk Sulbar

Medan, relawan.id – Tiga kontainer bantuan kemanusiaan dari masyarakat Sumatra Utara dan Aceh mulai diangkut ke pelabuhan peti kemas Belawan, Kota Medan. Hampir 100 ton bantuan dari masyarakat Kota Medan, Labuhanbatu, Banda Aceh dan Lhokseumawe itu diangkut ke dek kapal, Kamis (11/2/2021) siang. Kapal yang mengangkut bantuan merupakan sumbangsih dari PT Meratus Line.

Pelepasan kapal kemanusiaan ditandai dengan penekanan sirine oleh Kepala Cabang ACT Sumatra Utara Yessi Oktaviana bersama Pemerintah Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala BPBD Sumatra Utara Riadil Akhir Lubis, disaksikan oleh Kepala Cabang ACT Labuhan Batu M Dani Aswin dan Kepala Cabang ACT Banda Aceh Lisdawaty. Seremoni juga dihadiri perwakilan PT Meratus Line-Pelabuhan Indonesia I serta perwakilan Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara yang menyumbangkan tiga ton beras terbaik.

Yessi Oktaviana, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari mitra baik Pelindo-1 dan PT Meratus Line. ”Program Kapal Kemanusiaan ini bukanlah sekadar armada yang membawa bantuan logistik, namun juga sebagai wujud dari kepedulian warga Sumatra atas penderitaan saudara-saudaranya yang terkena bencana,” katanya.

Riadil Akhir Lubis turut menyambut baik kegiatan positif ini. Ia berharap kegiatan ini bisa berlanjut. Riadlil yakin masih banyak orang baik yang ada di Sumatra Utara ini yang ingin membantu saudara-saudara yang tertimpa bencana. “Kami berharap, pihak Meratus Line dan Pelindo I dapat memberikan kesempatan kedua hingga dua pekan ke depan,”harap Lubis.

Bentuk dukungannya juga terbukti pada saat pelaksanaan Charity Lunch di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Rabu (10/2/2021) kemarin. Tidak tanggung-tanggung acara makan bersama yang diisi dengan penggalangan dana itu, berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp 800 juta.

Kapal Meratus membawa bantuan kemanusiaan akan berangkat dari Medan tujuan Sulawesi Selatan, Sabtu (13/2/2021). Setelah sampai di Kota Makassar, bantuan ini akan didistribusikan ke Majene dan Mamuju sekitarnya.