MRI-ACT Kalbar Distribusikan Bantuan untuk Terdampak Banjir Bengkayang

Bengkayang, relawan.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalimantan Barat mengantarkan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir di Desa Sinar Baru dan Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang. Bantuan yang didistribusikan Kamis (12/2/2021) dan Jumat (13/2/2021) itu menjangkau 474 jiwa di kedua desa.

Saat tim mengantarkan bantuan, air bah masih cukup tinggi, yakni se-dada orang dewasa atau sekitar 120 cm.

Koordinator Program ACT Kalimantan Barat Nircho Dwi Anggoro melaporkan, bantuan yang diberikan kepada keluarga korban banjir berupa bahan makanan dan  pakaian. “Sahabat Dermawan, terima kasih untuk doa dan donasi terbaiknya. Sungguh ini sangat berarti bagi mereka,” kata Nircho.

Hujan deras menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Bengkayang sejak Rabu (3/2/2021) pagi. Melansir Antara, Camat Jagoi Babang, Radid, menjelaskan banjir yang melanda Jagoi Babang merupakan kiriman dari negara tetangga, Serawak, Malaysia.

“Kita belum pernah mengalami banjir separah tahun ini. Pemicu utamanya adalah banyaknya perkebunan sawit, serta kiriman air dari Malaysia. Saat itu Serikin Malaysia sudah lebih dulu mengalami banjir. Sehingga pada banjir susulan yang terjadi di Jagoi ini merupakan yang ketiga kalinya di tahun 2021,” ujarnya.