Banjir Kembali Rendam Karawang, Relawan MRI-ACT Bantu Evakuasi Warga

Karawang, relawan.id – Hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi kembali mengguyur Kabupaten Karawang, hal itu mengakibatkan banjir di beberapa titik, seperti di Perumahan BMI I dan BMI II, Dawan Tengah, Cikampek, Karawang, Jumat (19/2/2021). Ketinggian banjir bervariasi dari 30 hingga 150 senitmeter.

Merespon hal itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Karawang memberangkatkan relawannya untuk membantu evakuasi warga terdampak banjir.

“Kondisi saat ini perumahan BMI 1 dan BMI 2 Dawuan Tengah, Cikampek, Kabupaten Karawang, kembali mengalami banjir, hal ini karena ada kiriman dari Situ Kamojing, ditambah  intensitas hujan yang tinggi, mengakibatkan air naik. air naik jam 5 subuh,” ujar relawan MRI-ACT Karawang, Rian. 

Mengingat cuaca tidak menentu, MRI-ACT mengimbau warga untuk tidak menetap di rumah, hal ini ditakutkan, warga bakal terjebak di tempat tinggal masing-masing karena banjir.

“Warga kita himbau untuk mengungsi karena kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk tetap tinggal di rumah masing-masing. hal ini dikarenakan minggu kemarin sendiri banyak warga yang terjebak dan susah untuk kita evakuasi karena kekurangan armada. dari ketinggian banjir sendiri relatif dari 20 cm sampai dengan paling tinggi 150 cm,” tuturnya.

Selain itu, MRI-ACT juga sudah mendirikan 2 posko dan dapur umum untuk para pengungsi terdampak banjir Karawang. ”Untuk di sini karena kemarin sudah banjir, jadi kita mengggunakan posko yang sebelumnya. Posko ada 2 dan dapur umum pun sudah tersedia. Alhamdulllah bantuan dari manapun untuk warga disini cukup lumayan banyak, Insya Allah kebutuhan warga masih bisa terpenuhi,” tukasnya.