Jakarta Dikepung Banjir, MRI-ACT Bantu Evakuasi Warga

Jakarta, relawan.id – Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (19/2/2021) malam hingga Sabtu (20/2/2021) pagi telah menyebabkan sejumlah wilayah tergenang banjir. Salah satunya, di Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara Jakarta Timur.

Ketinggian air bervariasi dari 120 sentimeter hingga 250 sentimeter. Merespon hal itu, tim Disaster Emergency Response MRI-ACT membantu mengevakuasi warga yang terdampak. Tak hanya evakuasi, MRI-ACT juga mendistribusikan makanan siap saji untuk warga terdampak.

“Warga masih menetap di rumah, dari siang DER MRI-ACT telah hadir untuk melakukan evakuasi warga. Kita juga menyediakan makanan siap saji untuk masyarakat di sini. Perlu diketahui ketinggian air mencapai 250 sentimeter, saat ini warga membutuhkan makanan siap saji, obat-obatan, pelayanan kesehatan dan pakaian,” ujar relawan MRI-ACT, Qanita Putri Calista.

MRI-ACT terus bersiaga menghadapi potensi banjir yang terjadi di kawasan sejak Jumat kemarin. Hingga saat ini tim masih berada di wilayah sekitar Jabodetabek. “Beberapa regu saat ini sudah bersiaga di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Bekasi. Tim sudah dilengkapi dengan alat-alat rescue seperti perahu karet dan armada. Fokus kita saat ini masih kepada evakuasi warga-warga yang terdampak,” ujar Kusmayadi selaku Komandan Tim Tanggap Darurat ACT.

Dalam aksinya, tim juga terus dibantu sejumlah cabang ACT dekat lokasi banjir. “Kita berupaya terus memaksimalkan ikhtiar untuk meminimalisir dampak dari banjir kepada masyarakat. Dan kita berharap juga, kondisi ini dapat cepat berlalu dan berangsur pulih kembali,” harap Kusmayadi.