MRI-ACT Evakuasi 150 Warga Terdampak Banjir di Bintaro

Jakarta, relawan.id – Banjir merendam beberapa wilayah di Jabodetabek pada Sabtu (20/2/2021) dini hari menyusul hujan deras yang mengguyur semalam sebelumnya, salah satunya wilayah Jalan Madrasah, Pesanggrahan, Bintaro, Jakarta Selatan. Di wilayah ini ketinggian air mencapai 1,5 hingga 2,5 meter.

“Ketinggian banjir telah mencapai dada orang dewasa, bahkan turut merendam lantai satu rumah warga,” ujar relawan MRI-ACT Muhammad Albar, Sabtu (20/02/2021).

Tim Tanggap Darurat MRI-ACT telah terjun mengevakuasi warga yang terjebak di rumah mereka, bekerja sama dengan regu penyelamat dari tim BASARNAS, PPSU, Karang Taruna dan TNI. “Sebanyak 150 warga telah dievakuasi dari rumah-rumah yang terendam banjir hingga siang ini,” tambah Albar.

Akibat banjir yang melanda, aliran listrik dan air bersih telah diputus. Selain itu, banjir juga melumpuhkan kegiatan dan mobilitas masyarakat. Hal ini menyebabkan banyak warga yang membutuhkan bantuan.

“Medan yang kami hadapi agak sulit karena hanya ada satu perahu, dan jumlah tambang yang tersedia juga terbatas,” jelas Ahmad Miladi, salah satu anggota Karang Taruna.

Selain kebutuhan perlengkapan untuk evakuasi, para korban banjir di wilayah Pesanggrahan, Bintaro, Jakarta Selatan membutuhkan pasokan kebutuhan pokok.

“Hingga saat ini makanan siap santap untuk warga belum tersedia. Selain itu, di wilayah ini ada banyak balita yang membutuhkan popok serta perlengkapan lainnya. Saya mohon bantuannya agar warga kami yang terkena musibah dapat menjaga kesehatan, apalagi mengingat pandemi yang terjadi,” pinta Ahmad.

Untuk meringkankan beban saudara yang terdampak bencana, Sahabat Dermawan dapat mengirimkan bantuan terbaik melalui laman Indonesia Dermawan. Insyaallah, tim ACT senantiasa bersiap untuk mengevakuasi korban dan memberikan bantuan terbaik untuk para korban bencana yang tengah berduka.