ACT Jember Berkolaborasi dengan IPEBI Distribusikan Bantuan untuk Terdampak Banjir

Jember, relawan.id  – Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember kembali mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang di Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. Setelah sebelumnya berkolaborasi dengan Bank Indonesia menyalurkan bantuan paket pangan dan Al-Quran, kini giliran Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) turut memberikan bantuan berupa puluhan alat sekolah, dan tandon air pada Jumat (19/2/2021).

Renandra Saputra dari Tim Program ACT Jember menuturkan, pihaknya terus melakukan pendataan kebutuhan warga terdampak bencana banjir bandang di Jember, termasuk di Desa Wonoasri. Hal ini dilakukan untuk memastikan bantuan yang sampai dapat cukup dan sampai kepada penerima manfaat secara tepat.

“Kebutuhan yang paling urgen di desa Wonoasri ada tandon air dan kebutuhan anak-anak sekolah. ACT Jember memang sampai saat ini terus komunikasi dengan perangkat desa baik di Wonoasri maupun di lokasi bencana lainnya di Jember, untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan warga terdampak bencana,” jelas Renandra.

Sementara Muhammad Ibnu Hafidz, perwakilan dari IPEBI, penyaluran bantuan melalui ACT Jember diharapkan dapat menjangkau warga terdampak bencana dengan cepat, dan tepat sasaran. Selain itu IPEBI berterima kasih kepada ACT Jember karena telah menjadi jembatan untuk mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak bencana di Jember.

“IPEBI menyalurkan bantuan ini kepada ACT Jember secara dadakan, dan alhamdulillah respon dari ACT Jember sangat cepat, dan tepat sasaran. Semua kami pasrahkan kepada ACT mulai dari apa saja yang akan disalurkan, sampai pada lokasi yang membutuhkan bantuan tersebut. Saya selaku perwakilan dari IPEBI sangat berterima kasih kepada ACT Jember karena tidak sekali memang bekerja sama, dan alhamdulillah tidak pernah mengecewakan,” runut Hafidz.

Budiono selaku kepala Desa Wonoasri turut berterima kasih atas bantuan yang masih berlanjut sampai saat ini. Pasalnya sejak awal terjadinya bencana, ACT Jember terus membersamai warga Wonoasri untuk bangkit kembali.

“Masyaallah luar biasa sekali dari sekian banyak bantuan, hanya ACT Jember yang bantuannya terus berlanjut sampai sekarang. Terima kasih banyak kepada IPEBI dan ACT Jember atas kepedulian kepada warga Wonoasri dan yang sudah menyalurkan bantuannya. Semoga mendapatkan balasan yang berkali-kali lipat,” ungkap Budiono.

Banjir setinggi 1 metermerendam Desa Wonoasri pada Sabtu (6/2/2021) lalu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mencatat sebanyak 2.138 jiwa terdampak banjir yang kembali menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Jember itu.