Lelang Jersey untuk Bantu Korban Terdampak Banjir Kalsel

Banjarmasin, relawan.id – Berbagai cara dilakukan banyak orang untuk membantu sesama. Ada yang menggalang dana di persimpangan jalan, ada yang memecah celengan yang bertahun-tahun dikumpulkan, serta cara lain yang dilakukan demi meringakan beban saudara. Termasuk yang dilakukan pemain kesebelasan PS Barito Putera, Rizky Rizaldi Pora yang pada awal Maret ini melelang salah satu jersi kesayangannya saat bermain di Martapura FC untuk korban terdampak banjir Kalimantan Selatan.

Rizky Pora melelang jersi bernomor punggu 26 itu melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan. Nantinya, hasil lelang bakal disalurkan untuk pemenuhan kebutuhan para penyintas di masa pemulihan. Kapten klub berjuluk Laskar Antasari ini berharap, barang kesayangannya bisa meringankan beban korban terdampak.

“Jersi ini kenang-kenangan saya di Martapura FC, semoga bisa menghadirkan manfaat terbaik bagi penyintas,” ungkap putra kelahiran Ternate 32 tahun lalu ini.

Penyerahan jersi dari Rizky Pora ke ACT Kalimantan Selatan dilakukan pada Sabtu (6/3/2021) di Green Yakin Soccer Field, Jalan Ahmad Yani KM 11 Gambut, Banjar di sela-sela latihan rutin. Bagi Rizky Pora yang telah merumput di Bumi Lambung Mangkurat selama 7 tahun, banjir di awal 2021 menjadi yang paling parah. Ia pun berharap bencana serupa tak lagi terjadi.

Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin menyambut baik jersi kesayangan Rizky Pora, terlebih kehadiran kostum tersebut untuk dilelang dalam rangka membantu korban bencana. Sedekah terbaik serupa sebenarnya sangat dinantikan, terlebih saat ini kebutuhan penyintas masih tinggi di fase pemulihan.

“Bencana banjir di Kalimantan Selatan sangatlah luas, salah satu yang terparah ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” jelas Zainal.

Bagi masyarakat yang ingin ikut lelang jersi Rizky Pora, Zainal menjelaskan, bisa menghubungi ACT Kalimantan Selatan melalui media sosial. Nantinya, setiap peminat akan diminta mengisi formulir dan penawaran. Harga tawar tertinggi akan menjadi pemilik jersi kesayangan Rizky Pora tersebut. Hasil lelang kemudian akan disalurkan kepada penyintas melalui bantuan kemanusiaan.

Perlu di ketahui, banjir besar melanda Kalimantan Selatan pada Januari lalu. Dampaknya sangat luas, melingkupi beberapa kabupaten, merusak lingkungan dan permukiman serta memakan korban jiwa. Saat ini, masa pemulihan pascabencana tengah berlangsung dan penyintas masih membutuhkan berbagai bantuan kemanusiaan.