Peduli Lingkungan, Relawan MRI-ACT Lakukan Aksi Cabut Paku

Madiun, relawan.id – Hari libur tidak mengurangi semangat para relawan  Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Madiun untuk melakukan aksi kemanusiaan. Didorong kepedulian kepada lingkungan, MRI-ACT Madiun melakukan aksi cabut paku di beberapa titik pada Sabtu (20/3/2021) silam.

“Aksi ini diiniasi sendiri oleh kawan-kawan relawan karena semakin banyaknya banner yang ditancapkan pada pohon,” ungkap Aferu Fajar selaku Koordinator MRI Madiun Raya.

Aksi Cabut Paku dilaksanakan di dua jalan besar diantaranya jalan Setia Budi dan Taman Praja, Kota Madiun. Setidaknya 15 relawan turun untuk mensterilkan pohon di sepanjang jalan. Aksi dilakukan di kedua jalan tersebut karena sering kali banyak spanduk ilegal yang ditancapkan untuk iklan.

Parahnya setelah itu paku yang digunakan tidak dicabut dan dibiarkan begitu saja. Total ada satu kantong plastik dan satu botol paku yang dicabut oleh tim. “Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut tidak berpengaruh, padahal paku-paku itu menghambat pertumbuhan pohon di sepanjang jalan. Selain merusak pohon juga mengganggu pemandangan. Insyaallah kegiatan ini akan dirutinkan mengingat banyak sekali pohon di Kota Madiun yang tertancap paku,” ungkap Aferu.

Selain aksi cabut paku, tim juga membagikan sejumlah masker kepada para pengendara sebagai usaha pencegahan virus corona. Kedepannya aksi-aksi kemanusiaan maupun kepedulian terhadap lingkungan akan terus digaungkan oleh MRI-ACT Madiun sebagai bentuk peduli para relawan untuk kebaikan di Madiun Raya.

“Aksi-aksi kami adalah ikhtiar untuk mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin. Karenanya kami berharap dukungan para dermawan agar kemanfaatan dari aksi ini dapat semakin meluas,” harap Aferu.