MRI-ACT Distribusikan Bantuan Sembako untuk Wartini

Babel, relawan.id – Wartini (62)  warga Sungai Tebok, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah merasa senang dan terbantu dengan adanya pembagian sembako yang diberikan oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) Bangka Belitung di Kantor Camat Koba, Bangka Tengah, Rabu (24/3/2021).

Dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam dari Desa tempat tinggalnya menuju lokasi kantor camat Koba, ia bersama rekan penerima lainnya pergi menggunakan angkutan umum yang disediakan dari Desa.

Sembari menunggu antre pembagian paket sembako, raut bahagia pun terpancar di wajahnya yang saat ini tinggal berdua dengan anaknya. 

“Alhamdulillah sangat bersyukur, namanya dikasih bantuan seperti ini tentunya senang dan terbantu sekali apalagi di tengah kondisi covid ini,” kata Wartini, Rabu (24/3/2021).

Ia mengatakan bantuan yang didapatkan ini merupakan bantuan kedua yang diterimanya selama pandemi.

“Dulu pernah sekali dapat bantuan, dan ini yang keduanya. Alhamulillah ada yang peduli dan membantu,” ucapnya.

Ia berharap kedepannya, pemerintah terus memberikan perhatikan ke masyarakat, khususnya yang kurang mampu.

“Program bagi sembako ini sangat baik dan membantu, semoga kedepannya bisa terus memberikan perhatian ke masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut Ahmadun, tokoh agama yang menjadi sasaran pembagian paket sembako ini pun mengapresiasi kepedulian MRI-ACT bersama Pemerintah Bangka Tengah dan komunitas lainnya.

“Kegiatan ini adalah hal posiitf untuk membantu masyarakat sendiri. Kita berharap selanjutnya pihak pemerintah kabupaten Bangka Tenga dan lainnya terus memberikan perhatian dan dukungan di tengah kondisi covid-19 agar semunya bisa terlindungi,” tuturnya.

Head of Volunteer MRI-ACT Babel,  M. Arinda Unigraha mengatakan pembagian paket sembako yang dilakukan ini merupakan program gerakan sedekah nasional yang secara bergulir akan dilakukan di Bangka Belitung.

“Kegiatan ini sebagai bentuk wujud kepedulian dari lembaga (MRI-ACT) yang bekerja sama dengan komunitas untuk membantu mengurangi risiko bencana kemiskinan dan kelaparan di Bangka Tengah, sebelumnya kita juga sudah lakukan ini di Kabupaten Bangka,” ujar Arinda.

Total sebanyak 100 paket sembako yang berisikan bahan pokok seperti beras, indomie, minyak dan lainnya dari donasi Bank Indonesia (BI) ini diserahkan langsung ke penerima manfaat.

“Total yang kita bagikan ada 100 paket, yang mana sasarannya 70 persen tokoh agama dan 30 persen masyarakat pra sejahtera yang datanya kita bekerja sama dengan pemuda milenial di Bangka Tengah dan beberapa komunitas lainnya dan hari ini kita juga menyediakan rapid tes gratis ke masyarakat penerima manfaat,” Kata Arinda.

Selain pembagian paket sembako, pihaknya juga telah menjalankan berbagai program lainnya seperti aksi bisa sembuh, bedah rumah, pembangunan sumur wakaf, dan lainnya.

“Untuk pembagian paket sembako kurang lebih sudah kita salurkan belasa ribu, dan program lainnya juga sudah kita lakukan. Intinya ACT siap membantu menyalurkan bantuan ke masyarakat,” tututnya.

Sementara itu Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengapresiasi program-program yang telah dilakukan MRI-ACT dalam membantu masyarakat.

“Alhamdulillah ini program pertama yang diberikan dan menandakan kepedulian dari sesama luar biasa, khususnya MRI-ACT.  Tentu dengan adanya bantuan ini meringankan masyarakat di tengah kondisi Covid-19,” ujarnya.

Kedepan, ia pun berharap akan mengajak pihak MRI-ACT untuk saling berkolaborasi dalam membantu masyarakat, khususnya di Bangka Tengah.

“Kita tadi sudah ngobrol, tetap kita akan kerja sama dan kolaborasi untuk bisa membantu masyarakat,,” ujarnya.