MRI-ACT Distribusikan Paket Pangan di Cimahi

Cimahi, relawan.id– Di Jawa Barat, Gerakan Sedekah Pangan Nasional terus meluaskan kebaikan. Setelah sebelumnya distribusi dilakukan di wilayah Bandung dan Tasikmalaya, kali ini, aksi serupa juga dilakukan di Cimahi. Tak hanya petugas keamanan yang mendapatkan paket pangan hasil kedermawanan masyarakat ini, melainkan juga para da’i serta marbut di beberapa masjid.

Kepala Cabang ACT Cimahi Sopian Syekh Abdul Sani Haeruman mengatakan, selama satu pekan, terhitung sejak 14-21 Maret 2021, ACT Cimahi telah mendistribusikan lebih dari seribu kilogram Beras Wakaf serta Air Minum Wakaf. Sasaran utama peneriman manfaat ini ialah da’i, guru mengaji, marbut, hingga santri dan panti asuhan.

“Salah satu sasaran disribusi kebaikan ini ialah da’i. Mereka hingga kini tak mengenal pandemi untuk terus menyiarkan Islam,” jelas Sopian, Kamis (25/3/2021).

Sanusi (64), Marbut Masjid Istiqomah Cimahi merasa senang dengan hadirnya paket pangan dari Gerakan Sedekah Pangan Nasional. Begitu juga yang dirasakan oleh Ganda (66), seorang guru mengaji. Usia penerima manfaat yang banyak sudah tak lagi muda membuat relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) mendistribusikan paket pangan ini langsung ke rumah-rumah.

Tak hanya di Cimahi, Jawa Barat, Gerakan Sedekah Pangan Nasional di Maret ini juga meluas hingga ke ujung timur Jawa, tepatnya Jember, Jawa Timur. Pendistribusian dilakukan tak hanya bagi warga prasejahtera saja, tapi juga ke petugas keamanan sebagai apresiasi atas jasa mereka selama ini.

Hadirnya paket pangan dari gerakan kebaikan ini berawal dari sedekah masyarakat yang disalurkan melalui ACT. Nantinya, sedekah pangan masyarakat ditampung sementara di Wakaf Distribution Center untuk dicek kualitas serta menjadi titik awal pendistribusian. Pungki Martha Kusuma, Koordinator Wakaf Distribution Center, mengatakan, pengecekan kualitas ini penting karena ingin pangan yang diserahkan ke masyarakat merupakan sedekah dengan kualitas terbaik.

“Dari sini, paket pangan kami kirim melalui kantor-kantor cabang ACT yang tersebar di berbagai daerah. Setelahnya, pendistribusian bakal dilakukan langsung ke penerima manfaat,” jelas Pungki saat peluncuran Gerakan Sedekah Pangan Nasional akhir Februari lalu.