Banjir Terjang Gorontalo, MRI-ACT Disiagakan Bantu Warga Terdampak

Gorontalo, relawan.id – Banjir menghantam empat kecamatan di Gorontalo Utara pada Jumat (26/3/2021). Akibat banjir ini, jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Gorontalo dan Manado terhambat. 

Banjir terjadi di Kecamatan Sumalata, Kecamatan Tomilito, Kecamatan Kwandang, dan Kecamatan Gentuma Raya. Air bah merendam 110 rumah dengan ketinggian 1-1,5 meter. Curah hujan tinggi yang mengguyur kota Gorontalo sejak Jumat pagi hari menjadi penyebab banjir. Banyak rumah warga yang tergenang air. Beberapa dari mereka juga mengungsi ke tempat lain.

Mustafa dari Tim Program ACT Sulawesi Tengah menerangkan, Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Tengah bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) selalu siap mengirimkan bantuan ke lokasi bencana saat dibutuhkan. ACT Sulteng juga kerap mengirimkan bantuan ke Gorontalo. 

“Saat ini kita selalu bersiaga, agar nantinya jika dibutuhkan kita bisa langsung melakukan aksi dan turun ke lokasi bencana, membawa bantuan,” ujar Mustafa.

Gorontalo Utara memiliki rekam jejak banjir yang cukup tinggi. Banjir parah juga terjadi hampir setiap bulan, yaitu pada Desember 2020, Januari dan Februari lalu. Banjir yang terjadi menggenang banyak desa dan menimbulkan kekhawatiran bagi warga.