ACT Ciamis Hadirkan Paket Pangan untuk Pengungsi Banjir

Ciamis, relawan.id – Awal Ramadan, duka hadir bagi warga yang tinggal tak jauh dari Sungai Ciseel, Ciamis. Banjir merendam permukiman warga yang ada di dusun di Kecamatan Cidolog. Berdasarkan laporan, puluhan rumah warga terendam air dengan ketinggian selutut orang dewasa, begitu juga sumur yang airnya menjadi keruh. Selain itu, banjir juga merendam sawah warga dan jalan penghubung Kecamatan Cidolog dengan Pamarican.

Merespons bencana ini, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ciamis segera menghadirkan paket pangan untuk pengungsi. Kebutuhan tersebut merupakan sedekah masyarakat yang disalurkan melalui Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan yang ACT inisiasi.

“Paket pangan ini kami hadirkan sebagai respons atas bencana sekaligus wujud nyata kepedulian masyarakat di momen Ramadan yang penuh berkah ini,” jelas Andra Rian dari tim Program ACT Ciamis, Kamis (15/4/2021).

Saat pendistribusian paket pangan, rombongan Bupati Ciamis juga tengah melakukan kunjungan di lokasi terdampak banjir tersebut. Di samping itu, tersedia juga truk pembawa air untuk mendistribusikan air bersih ke warga yang sumurnya keruh akibat terendam air banjir.

“Alhamdulillah dukungan datang dari Bapak Otong selaku Camat Cilodog atas Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan untuk korban terdampak banjir ini,” tambah Andra.

ACT Ciamis rencananya akan terus meluaskan manfaat gerakan kebaikan ini selama Ramadan. Sasaran utamanya ialah warga prasejahtera. Hadirnya paket pangan ini pun tak semata pemenuhan pangan selama Ramadan. Akan tetapi, diharapkan mampu menjadi contoh nyata gotong royong yang melibatkan masyarakat luas.