Humanity Food Truck ACT Sediakan Makan Sahur untuk Masyarakat Prasejahtera

Ciputat, relawan.id – Humanity Food Truck Aksi Cepat Tanggap lewat Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan terus melayani kebutuhan pangan masyarakat prasejahtera selama Ramadan. Tidak hanya untuk berbuka puasa, tetapi juga untuk bersantap sahur. Rabu (28/4/2021) dini hari, Humanity Food Truck membagikan makanan untuk warga pekerja dan warga di sekitar Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Koordinator Humanity Food Truck ACT Ryan Andrian Rachman mengatakan, para pedagang pasar menjadi tujuan Humanity Food Truck karena sebagian besar dari mereka merupakan masyarakat prasejahtera. Selain itu, mereka juga terlalu sibuk dalam aktivitas berjualan sehingga tidak sempat menyiapkan santapan sahur.

“Jadi mereka untuk sahur itu biasanya makan ala kadarnya. Dengan kehadiran Humanity Food Truck, mereka bisa menyantap makanan sahur yang enak dan bergizi tinggi,” jelas Ryan.

Proses pendistribusian sajian makanan kali ini, bekerja sama dengan TNI AD di Koramil 05 Ciputat, Tangerang Selatan. Para TNI ikut menyusuri jalanan pasar sambil bertanya pada para pedagang, ‘Pak, bu sudah sahur belum?’

Ryan pun dibuat kagum dengan para penjual di Pasar Ciputat, karena mereka jujur dan tidak serakah. Saat ada pedagang yang sudah santap sahur, mereka akan menolak bantuan dari Humanity Food Truck dan menyarankan untuk memberikan ke pedagang lain yang belum makan..

Selain para pedagang, bantuan hidangan sahur ini juga turut diberikan kepada para pengunjung pasar. “Kita di sini masak ratusan porsi, jadi cukup banyak untuk dibagikan kepada para pedagang maupun pembeli,” jelas Ryan.

Meski sifatnya bantuan, Ryan menjelaskan bahwa hidangan yang dibuat Humanity Food Truck tetap memperhatikan kualitas rasa dan gizi. “Selain nasi, ada daging ayam, tempe tahu, sayur-sayuran, yang tentunya kita perhatikan betul higienitas dan kesegarannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ryan menjelaskan bahwa aksi ini bisa terlaksana berkat bantuan para dermawan. Maka dari itu, Ryan mengajak masyarakat untuk terus memberikan bantuan agar aksi Humanity Food Truck bisa terus berlanjut membagikan hidangan lezat dan bernutrisi untuk orang yang membutuhkan.