MRI-ACT Gelar Roadshow ke Sumatera untuk Penguatan Semangat Kerelawanan

Palembang, relawan.id – Dalam rangka silaturahmi dan penguatan relawan di daerah dan wilayah, Presiden Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT), Mustafa M.Y Tiba mengadakan roadshow ke beberapa daerah tepatnya di Sumatera. Kegiatan ini diadakan sekitar 10 hari dari tanggal 26 April hingga 5 Mei 2021.

Daerah yang nantinya bakal dikunjungi adalah Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Padang, Bukittinggi, Labuhan Batu atau Padang Sidempuan, Medan, Lhokseumawe dan Banda Aceh. 

Agenda ini bertujuan untuk melakukan penguatan keorganisasian MRI-ACT wilayah dan daerah, penguatan Cabang ACT, penguatan semangat kerelawanan sebagai tugas keorganisasian MRI-ACT khususnya penggerak kedermawanan masyarakat, silaturahmi dan penguatan jejaring komunitas dan masjid, serta komunikasi, kolaborasi dna konsolidasi elemen kemanusiaan dan keumatan.

Mustafa mengatakan perkembangan organisasi yang semakin dinamis, terus membesar dan meluas ini butuh perhatian, pendampingan dan pengarahan agar gerak laju organisasi sesuai dan selaras dengan arah kebijakan pimpinan organisasi. Oleh karena itu, cara paling efektif adalah dengan tatap muka langsung, setelah sebelumnya lebih sering melalui media daring.

“Momentum Ramadhan 1442 H adalah momen yang juga cukup penting untuk melakukan penguatan terhadap keorganisasian. Tahun 2019 lalu pernah digagas gerakan serupa dan gerakan ini akan kembali dihadirkan untuk menguatkan beberapa wilayah dan daerah di sekitar Sumatera,” ujar Mustafa, Jumat (30/4/2021).

Hingga tanggal 30 Mei 2021, Presiden MRI-ACT, Mustafa sudah mengunjungi beberapa daerah yaitu, Lampung, Palembang, Jambi dan Pekanbaru. 

Sementara itu, Head of Volunteer Palembang, Uke Restu Anandha mengaku, kegiatan ini dapat memotivasi para relawan, khususnya yang berada di Palembang, hal itu bisa terlihat dari banyaknya peserta yang hadir.

“Alhamdulillah sebanyak 50 orang terdiri dari Staff ACT dan perwakilan relawan MRI se-Sumatera Selatan menghadiri kegiatan silaturahmi dan penguatan MRI-ACT. Kegiatan ini berjalan lancar dan sangat memotivasi untuk seluruh Peserta yang hadir. Tidak hanya Penguatan bersama relawan, Presiden MRI-ACT juga diajak untuk bertemu beberapa Tokoh yang ada di Kota Palembang, diantaranya Ustadz dan Dosen,” tutur Uke.

Uke berharap, setelah kegiatan ini, para relawan yang ada di Sumatera Selatan akan lebih tangguh lagi, dan satu komando. “Semoga Roadshow ini tidak hanya satu tahun sekali, melainkan per 3 bulan sekali,” tutup Uke.