Menjaga Kesehatan Saat Puasa di Tengah Musim Hujan, Bagaimana Caranya?

Jakarta, relawan.id – Hingga bulan Mei ini, beberapa wilayah di Indonesia masih diguyur hujan. Di tengah krisis kesehatan akibat wabah Covid-19, tentunya penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan saat berpuasa. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan yang perlu Sahabat Relawan terapkan agar tubuh tetap fit saat puasa di musim hujan!Banyak Konsumsi Air.

Mengonsumsi cairan yang cukup ketika hendak menjalankan ibadah puasa sangatlah penting agar tubuh kamu terhindar dari dehidrasi. Untungnya di musim hujan, kamu tidak akan terlalu sering berkeringat yang berpotensi mengurangi cairan dalam tubuh. Meskipun demikian, tetap saja kamu perlu memenuhi asupan cairan harian dengan banyak mengonsumsi air putih, setidaknya 8 gelas per hari. Atau bisa juga diselingi dengan jus buah, teh, dan infused water bila kamu bosan dengan air putih. Menerapkan tips kesehatan ini tentunya akan bikin kamu fit saat berpuasa selama hampir 13 jam.

Rajin Olahraga di Rumah

Meskipun sedang berpuasa ditambah dengan musim hujan yang bikin mager alias males gerak, kamu tetap perlu berolahraga kalau ingin sehat dan fit. Hanya saja kamu bisa mengubah intensitas olahraga agar tidak terlalu kelelahan dan menyebabkan dehidrasi. Ada berbagai pilihan olahraga ringan yang bisa kamu coba di rumah seperti yoga, peregangan, dan low intensity cardio.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang berperan untuk menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Meskipun saat berpuasa sistem kekebalan tubuh kamu akan meningkat, tidak ada salahnya menambahkan sayuran dan buah agar kamu semakin fit khususnya ketika puasa di musim hujan. Untuk menerapkan tips menjaga kesehatan ini, kamu hanya perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat sahur atau setelah buka puasa. Sayuran dan buah seperti bayam, pepaya, lemon, paprika, brokoli, jeruk, dsb dipercaya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Kelola Stres dengan Baik

Sebagian orang akan merasa lebih stres di musim hujan. Belum lagi wabah corona semakin menambah rasa tertekan. Ketika menjalankan puasa di masa seperti ini, sebaiknya kamu mulai mengelola stres dengan baik agar kesehatanmu tidak terganggu. Tips menjaga kesehatan dengan mengelola stres bisa kamu lakukan melalui berlatih yoga secara rutin, mendengarkan musik yang menenangkan, berkomunikasi dengan keluarga atau pasangan baik secara langsung atau via online, dan tidur yang cukup setiap malam. (Qen)