Peringati Hari Pendidikan, MRI-ACT Ambon Gelar Ramadhan Berkisah

Ambon, relawan.id – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku menggelar Ramadhan Berkisah di Rumah Belajar Atap Sagu (RASA) dengan anak-anak di Dusun Waipoot, Desa Wakal, Kecamatan Laihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Ahad (2/5/2021). Kegiatan ini diselenggarakan tak sekadar sebagai hiburan, tapi juga membentuk anak yang mahir bercerita dan tampil di depan umum.

Tak hanya bercerita, anak-anak juga diajak bermain berbagai permainan edukatif, seperti permainan di ruangan terbuka serta mewarnai. Menurut Koordinator Program ACT Maluku Sahri Mewar, kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional ini juga ingin menciptakan lingkungan yang ramah belajar bagi anak-anak.

“Lingkungan anak-anak itu diciptakan agar ramah. Ini akan membawa pengaruh besar pada pembelajaran mereka,” jelas Sahri.

Nilai-nilai yang diajarkan kepada anak, tambah Sahri, antara di rumah dan sekolah juga perlu mendapatkan pengawalan dengan baik. Peran ini pun tak hanya bisa dilakukan oleh orang tua, tapi juga generasi muda yang peduli pada pendidikan. Salah satu yang bisa dilakukan dengan menghadirkan wadah belajar non-formal.

Acara yang tim ACT dan MRI Maluku di Rumah Belajar Atap Sagu ini pun mendapat sambutan yang baik dari warga sekitar. Wali murid pun begitu senang anaknya bisa diajak terlibat dalam berbagai permainan dan memperingati Hari Pendidikan Nasional. Pasalnya, acara semacam ini masih jarang dihelat di sekolah yang ada di perkampungan tersebut.

“Kegiatan ini kami akhiri dengan pemberian hadian paket belajar dan makanan ringan. Semoga, semangat belajar anak-anak dapat terus tumbuh setiap harinya,” harap Sahri.