MRI-ACT Kalsel Bagikan Makanan Siap Santap untuk Terdampak Banjir Tanah Bumbu

Tanah Bumbu, relawan.id – Banjir akibat luapan Sungai Satui di Kabupaten Tanah Bumbu pada Kamis (13/5/2021) membuat warga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Per Sabtu (15/5/2021) banjir di beberapa wilayah belum surut seperti di Desa Sungai Danau dengan ketinggian air 150 sentimeter. 

Tim Tanggap Darurat Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT), selain melakukan evakuasi juga membagikan makanan siap santap, paket pangan, dan perlengkapan bayi untuk para penyintas. Distribusi bantuan difokuskan di tiga wilayah yakni Pengungsian SMP 4 Satui, Desa Sungai Danau RT 14, 20, 21 dan 23, serta di Desa Sinar Bulan RT 1 dan 2.

“Total ada 50 paket pangan, selimut bayi, dan 2. 643 boks makanan siap santap. Pendistribusian bantuan dilakukan di pos pengungsian SMP 4 Satui, dan berkeliling dari rumah ke rumah warga yang masih terendam,” kata Marwan dari Tim Tanggap Darurat MRI-ACT. 

Banjir yang terjadi saat hari raya Idulfitri ini, berdasarkan data yang dihimpun tim Tanggap Darurat MRI-ACT Kalsel, 2.126 KK atau 5.308 jiwa terdampak. Rinciannya sebanyak 1.104 KK atau 4.413 jiwa di Desa Sinar Bulan. Sebagian mengungsi ke SMP 4 Satui. 

“Di Desa Jombang sebanyak 162 KK, Desa Sungai Danau 450 KK, dan Desa Sejahtera Mulia sebanyak 290 KK atau 1.160 jiwa  juga mengungsi. Kita akan terus mendampingi para penyintas hingga banjir surut dan warga beraktivitas normal,” kata Marwan.

Marwan melanjutkan, hingga saat ini keperluan yang masih dibutuhkan penyintas adalah bahan makanan, air bersih, makanan bayi, popok, alas tidur, baju bersih, dan selimut. Sahabat Dermawan bisa mengirimkan bantuan terbaik ke kantor ACT Kalimantan Selatan atau melalui  Indonesiadermawan.id.