Cerita Relawan MRI Kalsel Selamatkan Korban Terdambak Banjir Tanah Bumbu

Tanah Bumbu, relawan.id – Bertepatan dengan hari raya Idulfitri, Kamis (13/5/2021) lalu, musibah banjir melanda Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, tepatnya enam desa di Kecamatan Satui. Bencana ini tentu mengagetkan di tengah perayaan puncak kemenangan Ramadan. Warga terdampak mencoba menyelamatkan diri dari tingginya air. Tak ketinggalan relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) yang turut berjibaku membantu warga.

Relawan MRI Kabupaten Tanah Bumbu, Deny Erwin, di hari lebaran itu, ia bergabung dengan relawan MRI lain untuk menyelamatkan korban terdampak. 

“Saya mendapati banyak warga dengan berbagai kondisi di pengungsian. Padahal di hari itu seharusnya mereka merayakan lebaran di tengah hangatnya keluarga seperti orang-orang di tempat lain. Salah satunya seorang perempuan lansia yang dievakuasi oleh anaknya untuk menghidari kemungkinan yang tak diinginkan” ungkap relawan asal Pagatan, Tanah Bumbu ini.

Dampak bencana ini pun cukup besar. Deny menambahkan, banyak rumah beserta isinya yang rusak dampak rendaman air. Hal ini jelas menjadi ujian tersendiri bagi warga terdampak, apalagi mereka menghadapinya bersamaan dengan hari raya.

Kehadiran relawan, termasuk tim MRI pun disambut baik oleh warga. Pertolongan yang diberikan amat membantu. Di samping itu, relawan juga memberikan bantuan dalam bentuk lain seperti paket pangan. “Penyintas bencana menyambut datangnya relawan dengan antusias, terutama anak-anak yang di posko pengungsian jumlahnya cukup banyak,” tambah Deny.

Selain penyelamatan, Deny dan relawan lain juga menggelar pendampingan psikososial bagi anak-anak. Hal ini mengingat banyaknya anak di pengungsian dan dikhawatirkan bencana ini dapat menimbulkan trauma pada mereka. Berbagai hiburan dan hadiah diberikan dengna tujuan menghadirkan ceria.

Kini, banjir di Satui berangsur surut, tapi masih banyak warga yang bertahan di pengungsian. Salah satu posko pengungsian yang banyak ditempati warga ada di kompleks SMPN 4 Satui. Lokasi tersebut lebih tinggi dibanding lokasi lain yang terendam banjir.