Viral Ambulans Berlogo Pemkot Padang di Gaza, Ini Penjelasannya

Jakarta, relawan.id – Foto satu unit ambulans berwarna putih dengan logo Pemerintah Kota Padang dan tulisan Kota Padang Indonesia berdampingan dengan logo Aksi Cepat Tanggap (ACT) viral di media sosial. Ambulans tersebut membantu mengevakuasi korban serangan Israel di Palestina.

Branch Manager ACT Padang Aan Saputra di Padang mengatakan ambulans tersebut merupakan sumbangan warga Kota Padang untuk Palestina melalui Pemkot Padang dan ACT.

“Bantuan tersebut dihimpun pada awal 2020 dan disalurkan pada Mei 2020 berupa satu unit ambulan yang ketika itu wali kota masih dijabat Mahyeldi,” kata dia, Selasa (18/5/2021).

Dia menyampaikan tidak hanya memberikan bantuan satu unit ambulans Pemerintah Kota Padang juga mendukung operasional ambulan tersebut. “Untuk operasional ambulan langsung dikelola oleh perwakilan ACT di Palestina,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Padang Ferimulyani Hamid menyampaikan bahwa ambulans berlogo Kota Padang tersebut merupakan sumbangan warga dan Pemerintah Kota Padang. Sumbangan dikumpulkan lewat ACT dan dimanfaatkan untuk pengadaan ambulans di Palestina.

Dia mengatakan ambulans dibeli pada 2020. Ambulans itu disebut dilengkapi sejumlah peralatan.

“Satu unit ambulans dibeli di sana, kami hanya membantu donasi. Sumbangan tidak hanya dari Pemkot tapi juga warga Kota Padang,” katanya.

“Dalam ambulans itu tentu lengkap, ada oksigen, untuk pertolongan pertama kedaruratan. Ini bedanya dengan mobil jenazah,” sambungnya.

Dia bersyukur ambulans itu bisa dimanfaatkan oleh warga Palestina. “Alhamdulillah bisa dimanfaatkan,” ucapnya.

Ambulans ini menyisir hampir seluruh daerah di Gaza Utara untuk memberikan layanan medis. Diantaranya adalah ke Jabalia, Beit Hanoun, dan Beit Lahia.

“Di Gaza Utara, ambulans kita sudah menjangkau daerah-daerah yang terkena serangan, seperti  di Jabalia, Beit Hanoun, dan Beit Lahia. Ambulans ACT-Pemkot Padang juga ambil serta dalam aksi kemanusiaan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan mengantarkan korban menuju rumah sakit di wilayah Gaza,” ujar Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap.

Said melanjutkan, di masa-masa sulit seperti yang terjadi di Gaza hari ini, ambulans beroperasi tanpa henti untuk memastikan agar tidak ada korban yang tidak mendapatkan layanan kesehatan. Para petugas medis selalu sedia setiap saat untuk memberikan layanan kesehatan kapanpun dibutuhkan.

Selain itu, ambulans tidak hanya digunakan untuk mengantar warga yang terluka. Pada Senin (17/5/2021), ambulans mengantar perempuan dan anak-anak yang pada berjalan kaki ingin menuju sekolah Om Al Naseer Elementary School di daerah Al Naseer, Gaza Utara. Tim ambulans ACT memberikan tumpangan kepada perempuan dan anak-anak tersebut agar bisa sampai di sekolah dasar Al Naseer lebih cepat.