Wafa dan Aqsa Sumbangkan THR Miliknya untuk Palestina

Banda Aceh, relawan.id – Seorang anak bernama Wafa dan Aqsa, tergerak hatinya menyumbangkan tunjangan hari raya (THR) miliknya agar dipergunakan bagi masyarakat Palestina yang kini sedang mendapatkan serangan dari Zionis Israel.

Saat Wafa dan Aqsa tiba di kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, mereka ingin tahu bagaimana kondisi saudara-saudara Palestina saat ini. Tim memperlihatkan foto-foto dan video di sana, terutama anak-anak.

Tapi mereka tak sampai hati melihatnya. “Jangan kasih lihat lagi,” pinta mereka menahan sedih. Akhirnya yang mereka lihat selanjutnya adalah gambar-gambar anak Palestina yang tersenyum, terutama saat menyantap bantuan paket pangan ataupun menikmati manfaat Sumur Wakaf yang dibangun oleh Ureung Aceh.

Niat mereka untuk membantu Palestina memang besar, dan mereka ingin membuat senyum kembali hadir di wajah saudara-saudaranya di Gaza. Mereka bahkan datang membawa uang THR mereka pada Idulfitri tahun ini, dan diserahkan pada Selasa (18/5/2021) itu.

“Umi (ibu) sering cerita soal Palestina. Rasanya sayang dan sedih sekali melihat teman-teman di sana kesulitan,” ucap Aqsa, yang kini duduk di kelas 1 SD. Bukan ucapan belaka, kesedihan itu tergambar jelas dari sorot mata mereka.

Redha, ayah kedua anak dermawan ini, bercerita bahwa ia dan istrinya sengaja mendidik Wafa dan Aqsa untuk bersyukur atas apa yang dimiliki. Sebab, di luar sana banyak sekali anak yang kurang beruntung, sulit mendapatkan makan, pun tempat tinggal. “Mereka berdua mulai berlatih sejak kecil untuk membantu sesama sebagai bentuk rasa syukur,” kata Redha.

Bukan sekadar simpati, anak-anak di Palestina juga memotivasi Wafa dan Aqsa. Wafa yang duduk di kelas 4 SD misalnya, kini hafal dua juz Al-Qur’an. Ia makin bergiat ketika diceritakan bahwa anak-anak di sana banyak yang mencintai Al-Qur’an dan menghafalnya meskipun di tengah gempuran sana-sini.

Sebelum pulang, ACT Aceh juga menitipkan Celengan Sedekah Harian untuk mereka. Dengan celengan ini harapannya makin menumbuhkan semangat mereka dalam bersedekah. “Bahkan katanya Wafa dan Aqsa akan mengajak teman-teman sekolahnya untuk ikut mengisi celengan tersebut,” ungkap Muraiya sebagai Community Relations Officer ACT Aceh.