Bantu Palestina, MRI-ACT Kalsel Berkolaborasi dengan Komunitas Gelar Galang Dana

Kalsel, relawan.id – Penjajahan yang dilakukan Israel terhadap Palestina kian menjadi-jadi. Tak hanya bangunan dan fasilitas umum saja yang jadi target serangan, Israel juga membunuh warga sipil yang terdiri dari anak-anak dan perempuan. Korban yang wafat dalam periode sepekan saja mencapai ratusan orang.

Melihat kondisi ini, kepedulian kemudian muncul dari berbagai elemen masyarakat. Di Indonesia, tepatnya wilayah Kalimantan Selatan, berbagai komunitas kepemudaan ikut ambil bagian untuk mengirim kepedulian ke Palestina. Bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) mereka turun ke jalan demi menggalang kepedulian.

Ketua Orator Taruna Siap Guna (TSG) Wahyu Romadhon mengatakan, komunitasnya tergerak untuk membantu penduduk Palestina karena semakin parahnya kondisi di sana. Semakin banyaknya korban jiwa menjadi isu besa dan perlu mendapatkan perhatian serius, apalagi Israel mengambil wilayah Palestina.

“Kolaborasi dengan ACT merupakan wujud nyata solidaritas untuk rakyat Palestina. Kami pun mengajak komunitas lain untuk bersama-sama membantu Palestina,” ungkap Wahyu.

Selain komunitas kepemudaan, relawan MRI Kalsel juga ikut dalam aksi penggalangan dukungan ini. Mereka turun langsung ke Jalan Ahmad Yani KM 15, Gambut, Kabupaten Banjar, Senin (17/5/2021) untuk menggajak pengguna jalan peduli pada negera yang menjadi kiblat pertama umat Islam tersebut.

Menurut Dicky Rahman, Koordinator Daerah MRI Kota Banjarmasin, kegiatan galang kepedulian ini merupakan bukti nyata generasi muda di Kalsel terhadap Palestina. Dengan turun langsung ke jalan, akis ini tak sekadar menggalang kepedulian, tapi juga edukasi ke masyarakat bahwa Palestina menantikan bantuan seluruh elemen bangsa.

“Kami menyambut baik kolaborasi yang terjalin dengan komunitas kepemudaan di Banjarmasin,” ujar Dicky.

Banyaknya kolaborasi bersama komunitas pemuda di Kalsel untuk menggalang dukungan kepada Palestina, disambut positif oleh Kepala Cabang ACT Kalsel, Zainal Arifin. Ia mengatakan, dana yang terkumpul nantinya bakal ACT salurkan untuk berbagai keperluan penduduk Palestina yang tengah mempertahankan wilayahnya dari jajahan Israel.

“Secara reguler, ACT menghadirkan bantuan kemanusiaan. Dan di kondisi seperti sekarang ini, bantuan terus dimasifkan demi menyelamatkan bangsa Palestina,” jelas Zainal.