Gerakan Dukung Palestina Siap Galang Dana Bantu Kebutuhan di Palestina

Jakarta, relawan.id – Kondisi Palestina saat ini kian memprihatinkan. Ratusan jiwa dinyatakan wafat, termasuk anak-anak dan perempuan, akibat serangan Israel. Belum lagi berbagai fasilitas, baik bangunan tempat tinggal hingga umum mengalami kerusakan. Di Palestina saat ini tidak ada tempat yang aman untuk berlindung dari penjajahan Israel.

Melihat kondisi ini, berbagai elemen bangsa Indonesia tergerak untuk membantu. Walau terpisah ribuan kilometer tak menjadi alasan bagi mereka tak berderma ke bangsa yang tengah terjajah. Di Jakarta Utara, terbentuk gerakan untuk mendukung Palestina yang diinisiasi Majelis Taklim As Syakirin, Sahabat Masjid Indonesia (SMI), Komunitas Masyarakat Santri (KOMAS), Forum Santri Jakarta (FSJ) dan Masjid As Suada. Lewat gerakan ini, para anggota bakal menggalang dana untuk membantu berbagai kebutuhan penduduk Palestina.

Di tahap pertama, gerakan kebaikan dari Jakarta Utara ini berhasil menghimpun dana nyaris Rp36 juta. Dana tersebut disalurkan melalui ACT untuk mendukung berbagai program kemanusiaan di Palestina. “Insyaallah akan ada donasi tahap kedua yang akan kami alokasikan untuk saudara di Palestina,” jelas Abeh selaku penanggung jawab penggalangan donasi.

KH. Noor Shofa, tokoh ulama mengatakan, penggalangan donasi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas bangsa Indonesia atas perjuangan penduduk Palestina. Selain doa, rakyat Indonesia akan berikhtiar semaksimal mungkin untuk keberlangsungan negara yang pernah jadi tempat kiblat pertama umat Islam tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatan penggalangan donasi ini dapat memotivasi kita untuk bisa bermanfaat kepada yang membutuhkan terutama saudara kita di Palestina,” ungkap KH. Noor Shofa saat serah terima sedekah melalui ACT Jakarta Utara, Senin (17/5/2021).

Di Palestina, ACT tak hanya ketika meningkatnya agresi Israel saja menjalankan misi kemanusiaan. Secara reguler, berbagai program terus berlansung, mulai dari pelayanan kesehatan lewat Klinik Indonesia dan Ambulans Dermawan, paket pangan melalui Indonesia Humanitarian Center hingga pembangunan Sumur Wakaf untuk mengatasi krisis air di tanah Palestina. Kini, di kondisi agresi yang meningkat, ACT memperbanyak penyaluran sedekah masyarakat Indonesia melalui cabang ACT di Gaza.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh dermawan yang telah ikut peduli pada bangsa Palestina. Insyaallah gerakan ini mampu memancing semangat baru masyarakat untuk ikut membantu saudara yang tengah terjajah di Palestina,” ungkap Kepala Cabang ACT Jakarta Utara Mohammad Irfan.